Nostalgia Nonton Ulang Film Terbaik Era 90an

by - September 25, 2023




    Sebagai orang yang mood dan tindakannya random atau sering berubah-ubah (seperti manusia lainnya), beberapa bulan belakangan ini saya lagi rajin menonton ulang film lama dari tahun 90an. 


Karena saya membesar di era itu dan saya masih berpikir film yang di produksi tahun itu akan tetap legendary dan keren selamanya, jadi kali ini saya ingin berbagi rekomendasi film terbaik era 90an, menurut saya (si penulis di blog ini).


Dibawah ini ada daftar film era 90an yang bakalan tetap menarik tidak kalah dengan film jaman now. Semua foto yang saya gunakan terhubung langsung dengan sumber, silahkan click kalau mau tahu lebih lanjut, ya.



Chungking Express (1994) 




Well, saya adalah salah satu penggemar pak sutradara Wong Kar-wai serta semua jajaran aktor di dalam film ini. Ada Tony Leung, Takeshi Kaneshiro dan tentu saja, forever coolness Faye Wong (jadi ingat saya potong rambut seperti si mbak Faye di film ini).


Mungkin salah satu alasan saya menyukai film ini adalah tone yang digunakan, lampu neon kontras dan efek blur. Bisa disebut radiant blur yang menampilkan hyperreal clarity yaitu kejernihan yang sangat nyata (kayak lihat kaca yang didepannya ada lampu-lampu kali, ya). Jadi ada efek film yang ada gerakan lambat yang memberi kesan sensual dan berpiksel begitu, kira-kira (informasi yang saya ambil dari hasill Googling).


Adapun temanya mungkin sangat relate dengan penonton, ya soal kehilangan, kesepian, identitas diri manusia, percintaan juga bagaimana tetap melanjutkan kehidupan ini. Tapi yang saya paling ingat sih, nanas kalengan dan rambut pendek ikoniknya mba Faye.


Oya, film ini punya dua cerita berbeda ya, pokoknya, must watch. Ah, jadi rindu film lama dari Hong Kong, salah satu penghasil film terkeren di dunia.




Girl, Interrupted (1999)




Niat hati mau membawa mba Winona Ryder kembali bersinar, tapi yang ada malah mba Angelina Jolie yang menang Academy Award for Best Supporting Actress. Wajar sih ya, karena aktingnya sebagai Lisa disini sangat epic dan sesuai dengan image yang ia punya saat itu.


Sebenarnya saya punya pengalaman amat sangat personal dengan film ini dan orang-orang disekeliling saya saat itu. Saya akan skip soal itu, saya akan menekankan kalau film ini layak tonton karena temanya yang unik dan berdasarkan buku yang juga based on true story dari sang penulis.


Bertabur bintang muda perempuan yang lagi naik daun dan yang karirnya akan sangat cemerlang di masa depan seperti Elizabeth Moss yang bermain di Handmaid’s Tale saat ini. Ada si creepy Jared Leto juga disini walau dulu sepertinya tidak semenakutkan sekarang). Tentu saja film ini membuat saya rindu mendiang Britanny Murphy.




My Best Friend’s Wedding (1997)




90an itu sepertinya era buk Julia Roberts banget, beliau ada dimana-mana. Film beliau kali ini sukses membuat saya (yang menonton ulang tahun 2002 karena pertama nonton dulu masih belum paham percintaan) jadi was-was, kalau-kalau saya akan berada di posisi Julianne Potter yang ternyata suka BFF cowoknya selama ini.


Sudahlah baru tahu dia cinta sobatnya, eh, saingannya juga berat kalau calon istri si sobat cowok adalah mba Cameron Diaz. Anyway, masuk jajaran romcom terbaik dari 90an versi Ann Solo lho, ya. 


Silahkan tonton karena somehow sangat relate dengan jalanan percintaan people jaman now yang biasanya curhat di base di Twitter/X. Ahahaha






Jerry Maguire (1996)




“You had me at hello” dari mba Renee Zellweger yang mukanya melas waktu dia lihat om Tom Cruise di film ini dan “Show me the money”, adalah 2 kalimat yang bikin film ini terkenal. Iya, sepenting itulah dialog yang nyangkut di otak penonton dan bisa menjadi asosiasi film itu selamanya.


Pokoknya sehabis film ini booming, cewek cowok jaman itu bilang suka ya, pakai line dari mba Renee dan kalau ada bisnis pakai line yang satu lagi, asli ikonik banget, deh. Akting, suara dan wajah melas khas Renee membuatnya menjadi aktris yang semakin booming dan laku dimana-mana. Please nonton ini, seru asli dah.




Empire Records (1995)




Kalau tidak salah ini film yang punya fanbase penggemar beratnya tersendiri. Andaikan mba Lana Del Rey sudah beken jaman itu, pasti ada soundtrack-nya di situ. Kurang tahu juga sebanyak apa penggemar dan penonton film ini di Indonesia, tapi ini film sungguh keren banget.


Ada mba Liv Tyler yang muda dan duh, tidak heran kalau dia dipilih jadi Arwen beberapa tahun kemudian. Oh, ada mba Renee juga yang nantinya main di Jerry Maguire seperti daftar diatas, serta yang tak kalah fenomenalnya, ada mba Robin Tunney yang menggunduli kepalanya langsung di depan kamera. Yearp, meski dianggap gagal di Amerika, film ini mempunyai sekte penggemarnya sendiri termasuk saya.




Daftar Film Terbaik Era 90an


Bila saya harus menulis semua daftar film favorite saya dari 90an, pasti saya sudah menulis setidaknya 5000 kata yang membayangkan saya harus menulis sebanyak itu untuk 1 artikel saja, sudah bikin lelah, apalagi kamu yang pembaca siluman budiman, pasti tidak sanggup baca.


Yadalah ya, berikut ini daftar film wajib tonton dari era 90as yang saya tulis mana yang saya ingat saja:


  • Reality Bites (1994)


  • Four Weddings and a Funeral (1994)


  • Interview With The Vampire (1994)


  • Sleepy Hollow (1999)


  • Magnolia (1999)


  • Se7en (1995)


  • Pulp Fiction (1994)


  • Trainspotting (1996)


  • Fight Club (1999)


  • Meet Joe Black (1998)



Baiklah, sampai disini dulu rekomendasi film terbaik era 90an (versi saya). Cuma sanggup menulis sampai sini…ahahaha kalau kamu punya rekomendasi lain atau juga punya kesukaan yang sama dalam daftar ini…..ya, tulislah di komen atau boleh DM saya di Instagram.



You May Also Like

0 comments