Review Water Based Facial Wash Yang Bisa Dibeli Di Drugstore/Online

by - Mei 21, 2020

Water Based Facial Wash
Water Based Facial Wash




Sudah lama tidak menulis di Ann Solo, saya kembali menulis karena hari ini saya lagi panikan dan confuse mencari pengganti facial wash andalan yang water based. Kalau kamu lihat di foto ini ada 2 facial wash, nah, itulah facial wash yang saya gunakan dari awal tahun ini dan tentu saja semakin menipis.


Sayangnya, selain susah dicari (kecuali yang Bio-Essence), harganya pun melebihi budget. Mungkin ini yang dinamakan, ada harga ada rupa. Ini berlaku buat Axis-Y Quinoa One Step Balanced Gel Cleanser yang selain harus dibeli online dan tidak di semua seller, juga harganya yang paling mahal. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 200.000 -an.


Simple Skincare pun susah dicari online, somehow stoknya selalu sedikit dan varian dengan kemasan hijau transparan ini paling susah ditemukan di e-commerce. Varian Simple yang sempat ‘ketemu’ itu yang packaging warna putih. Itu pun juga cepat sold out meski kadang ada diskon jadi Rp 40.000-an dari harga normal sekitar Rp 75.000. Begitu juga varian hijau transparan kesukaan saya ini juga punya harga normal yang lumayan dan biasanya bisa ditemukan di Guardian atau Watsons.



Saya beruntung mendapatkan dan bisa mencoba ke-3 facial wash ini yang ternyata bekerja dengan baik untuk kulit saya. Sebelumnya saya harus mengatakan bahwa kulit saya adalah tipe berminyak kombinasi dan sensitif. Facial wash adalah skincare item yang akan bekerja instant dikulit saya, 1 kali pakai saya sudah bisa menentukan cocok atau tidaknya sebuah face wash itu di kulit saya. Kulit saya juga sering kali dehidrasi kalau cuaca lagi panas- panasnya, padahal saya minum 2 liter lebih per hari, lho.



Review 3 Toner Lokal : NPure, Avoskin dan The Bath Box




Mengenal Water Based Facial (Face) Wash/ Cleanser




Seringnya banyak orang yang mengupas mengenai water based cleanser yang mana cleanser di sini entah kenapa lebih condong pada kategori micellar water. Sampai saya menulis artikel (yang diakibatkan oleh rasa dongkol), saya belum menemukan artikel yang betul- betul mendetail mengenai water based face wash ini. Entah mungkin saya kurang menggali di Google, barangkali?


Jadi water based facial wash itu adalah produk pembersih wajah yang cara gunanya harus dilarutkan dengan air yang kandungan si facial wash itu sendiri dimulai dengan tulisan “WATER atau AQUA”. Sebagai ‘ketua’ dari kandungan (ingredients) atau bahan lainnya yang mendukung ke semua bahan untuk berfungsi/bekerja.



Seperti yang saya bilang kalau banyak artikel water based lebih condong ke pembersih tipe micellar atau yang untuk mengangkat makeup, ternyata memang water based juga punya bermacam- macam tipe seperti foam cleanser, gel cleanser dan cleansing water.



Review Axis-Y Balanced Gel Cleanser & Dark Spot Correcting Glow Serum




Review Water Based Facial Wash Simple Skincare, Bio-Essence & Axis-Y


Kalau kembali lagi pada 3 facial wash yang ada di foto atas, maka Simple dan Axis-Y adalah tipe gel cleanser. Bio-Essence sendiri punya tipe seperti cream sama dengan tipe foam cleanser lainnya meski varian Collagen Cleanser ini tidak terlalu berbusa seperti jenis whip cleanser. Meski tentu saja berawal dengan kandungan Water, Bio-Essence tidak dapat saya andalkan setiap waktu karena salah mood kulit dan cuaca panas sedikit saja, kulit saya akan terasa kering.


Sedangkan Simple yang sebenarnya sempat saya pakai ketika saya berumur 18 - 22 tahun (yang mana sudah 1 dekade lebih lalu), mempunyai mixed feelings buat saya pribadi. Mulai dari cocok, tidak cocok, cocok lagi, bla bla bla. Tapi semakin kesini, saya juga mulai mengimbas balik kenapa Simple dan saya berada di on & off relationship 2 dekade ini.


Pertama mungkin kualitas dan tempat saya tinggal saat itu sangat berpengaruh. Lalu waktu saya memakai facial wash klasik dan legendaris ini kadang salah timing. Atau juga saya memakai kadar air yang salah? Entahlah, semua mungkin saja dan tidak mustahil.



Review Elizavecca Centella Asiatica & Galactomyces Toner




Water Based Facial Wash



Saat ini saya masih WFH dan mencuci muka dengan sumur pribadi yang airnya punya pH yang bagus (sempat di cek dulu). Mana saya juga rajin exfoliate dan disiplin dengan skincare routine yang membuat kulit kasar saya kembali terasa halus. Nah, Simple ini membuat kulit saya semakin adem dan terasa halus terlebih lagi dia tidak terasa sumuk atau berat seperti yang saya pakai saat di Singapore kemarin (saya yakin kali ini mungkin pengaruh air). 


Kalau Simple asyik dipakai dengan bare hands sambil pijar ringan, Axis-Y menemukan ‘belahan jiwa’ dengan lebih berjodoh kalau dipakai dengan facial cleanser tool. Itu lho, alat dengan brush untuk membantu membersihkan wajah lebih detail lagi. Facial brush ini pun praktis apalagi kalau kamu capek pulang malam tapi harus double cleanser dan tidak punya tenaga untuk pijat, coba pakai facial brush, deh.



Axis-Y somehow terasa kering kalau cuci muka dengan tangan saja (ini juga rasanya tergantung humidity saat itu), justru dengan facial brush malah membuat wajah saya lebih lembut, bersih tapi tidak kering. Dari awalnya iseng menjodohkan kedua item ini, ternyata malah cocok.




Kelebihan dan Kekurangan Water Based Facial Wash


Disclaimer, disini saya hanya menuliskan kelebihan dan kekurangan water based facial cleanser berdasarkan 3 produk yang saya pakai serta efeknya langsung kepada kulit saya yang berminyak kombinasi, sensitif juga mudah kering kalau salah pakai pembersih wajah.


Kelebihan :


  • Dengan teksturnya yang gel, tidak mengakibatkan iritasi di kulit saya, sangat aman dan meninggalkan kesan bersih.

  • Tidak after effect seperti kesat, ketarik maupun panas.

  • Aman dipakai dengan facial brush.

  • Tidak berbusa.




Kekurangan :


  • Pricey alias mahal untuk budget saya.

  • Stoknya susah dicari.




Itulah 3 review yang saya tulis karena kesal dan dongkol (ehehe) karena ternyata kulit saya lebih sesuai dengan tipe facial cleanser gel dan tentu saja yang water based. Makanya kulit saya kemarin protes saat saya mencoba facial wash dari Holika Holika, duh, tobat (tapi saya lupa apa kandungan awal FW itu).


Cuma kesalnya, selain harus lebih berusaha sendiri dengan mengecek satu per satu kandungan skincare dari cara Googling, kadang rasanya lebih baik kalau kita langsung memeriksa barang tersebut. Tapi ya bagaimana, selain beberapa mereka tidak tersedia di kota saya, saya juga masih belum berani keluar ke toko dan mall.


Oh, mau berbagi cerita sedikit. Kemarin saya iseng membaca beberapa kandungan facial wash yang di jual di minimarket dekat rumah. Sudah jelas merek drugstore yang biasa kita lihat, salah satunya mereka dari Jepang (?) produksi Indonesia. Daftar kandungan awalnya adalah MYSTIRIC ACID dan water berada pada kandungan ke-3. Yikes! No!


Untuk kedepan, saya akan berusaha lebih giat mencari water based facial wash yang lebih mudah didapatkan dan tentunya dengan harga sesuai ukuran dompet saya. Jadi tunggu ya, saya akan kembali dengan water based facial wash dari merek lokal Indonesia karena saya lagi obsesi mencoba merek- merek skincare lokal yang semakin kece saat ini.







You May Also Like

6 comments

  1. Itu lah kk. Klo harganya mahal berat mau beli. Blum lagi klo ntar ga cocok sama muka. Kdg wajah ni makin disayang makin ngelunjak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk padahal muka sendiri, disayang sayang malah ngelunjak ya..ahaha

      Hapus
  2. Kak, ada gak skin care yang bisa bikin wajah cowok jadi kayak opa opa korea? Kalau ada, mau dong sebijik, dan belinya dimana? :)

    BalasHapus
  3. Water based ya kak, keren juga tuh. Tapi kalau waterbased emang rata rata ngiranya pasti ngarah ke micellar water.. vina pahamnya itu doang wkwkwk

    BalasHapus
  4. Harganya merogoh kantong banget ya kak. Tapi emang ada harga ada kualitas. Kenapa dengan kandungan Mystiric acid kak?

    BalasHapus
  5. Baru coba yang simple sih, lumayan ringan. Penasaran ama yang lainnya nih kak

    BalasHapus