3 Film Terbaik Irrfan Khan Yang Wajib Di Tonton

by - Mei 04, 2020


Irrfan Khan




Salah satu aktor favorite saya, yaitu Irrfan Khan secara mengejutkan meninggal dunia pada akhir bulan April kemari karena sakit colon infection yang ia derita beberapa tahun sebelumnya. Secara pribadi saya sangat terpukul, karena sebagai orang yang tidak begitu menggemari artist, celebrities and famous people, saya sangat menggemari bliyau sebagai aktor yang memang berbakat tanpa banyak gimmick dan gossip tidak penting.

Meskipun saya tidak bisa mengatakan diri saya adalah penggemar dan mengetahui banyak film Bollywood, Irrfan Khan yang memulai karirnya di sinema India ini juga mempunyai film asli India yang sangat saya nikmati. Juga mungkin bangi banyak orang, terutama di kancah perfilman internasional, lebih mengenal bliyau dari film Life Of Pi yang legendaris. Justru, saya mengenal bliyau dari film yang diangkat dari buku novel kesayangan saya, The Namesake yang di sutradarai oleh Mira Nair.

Berikut beberapa film dari mendiang Irrfan Khan yang wajib kamu tonton jika kamu seorang movie buff yang memang menikmati kualitas tontonan tanpa melihat asal dan genre film.






The Namesake (2006)
The Namesake


Seperti yang sudah saya katakan diatas, ini tentu akan menempati peringkat film kesayangan saya dari mendiang aktor Irrfan Khan. Tidak hanya sangat ‘fanatik’ terhadap bukunya yang merupakan hasil karangan penulis India kesayangan saya juga, Jhumpa Lahiri, veris film yang dirilis 2006 ini berhasil membawa tokoh- tokoh didalam novel secara  nyata di versi film. Selain tokoh Gogol/Nikhil Ganguli, tokoh sang ayah yang diperankan oleh Irrfan, yakni Ashoke juga terasa rapuh dan lebih kompleks dengan semua ekspresi yang saya rasa sangat sempurna dibawakan oleh Irrfan Khan seorang.




Piku (2015)
Piku


Sedikit cerita random, ketika menonton film ini (saya lupa dimana tapi yang saya ingat menontonya dua kali, lho), saya terkejut ketika karakter sang supir taksi adalah Irrfan Khan. Konyol memang, karena saya sebenarnya tidak begitu mencari tahu mengenai para pemain film Piku selain Amitabh Bachan yang berperan sebagai kakek tua yang tiba- tiba memutuskan untuk melakukan road trip. Kalau tidak salah scene favorite saya dari film ini adalah ketika tokoh Irrfan bermain badminton, random ya? Memang.




The Lunchbox (2013)
The Lunchbox


Rasanya mungkin inilah film genre romance dari Irrfan Khan yang pernah saya tonton (?). Somehow film ini memberikan saya vibe film The Chungking Express besutan Wong Kar-Wai (entahlah, mungkin hanya saya saja). Film ini bukan genre romance layaknya film Hindi yang lain ya, tidak ada nyanyi di bawah air hujan dan bayangan romantis yang tidak masuk akal. Kalau kamu sedang mencari cerita romantis India yang relatable dan nyata, kamu wajib menonton The Lunchbox ini.



Itulah 3 film dari Irrfan Khan yang saya sukai secara personal dan tidak keberatan untuk menontonnya beberapa kali pun. Saya juga bermaksud untuk menonton rekomendasi film terbaik dari bliyau, seperti Hindi Medium dan film dari India bliyau lainnya. Irffan sendiri dikenal sebagai method actor yang rendah hati, meski terkenal di kancah film dunia, tetapi bliyau adalah sosok yang tidak silau dengan gaya hidup yang glamour.

Irrfan Khan juga dikenal sebagai sosok yang tidak banyak bicara namun selalu berhasil membawakan peran- perannya dari bermacam ragam tokoh dan watak. Bliyau juga diberikan pujian sebagai versatile actor yang bisa memerankan hampir semua jenis peran dan memberikan acting memukau dengat tatapan mata serta ekspresinya yang berhasil menyampaikan ribuan dialog.



You May Also Like

0 comments