Berobat Ke Melaka/Malacca & 5 Daftar Wisata Serunya!

by - Januari 11, 2023

Sumber foto : Flickr



Sebenarnya ini tulisan yang cukup terlambat ya, karena saya berobatnya kapan, nulisnya kapan. Tapi, karena saya berencana untuk berobat kesana lagi (check up setelah terhalang oleh covid), jadi sekalian saja saya bikin artikel ini (sayang banget file foto saya di laptop lama sudah ke laut, jadi fotonya ala kadar gini...hikksss..tapi nanti saya foto lagi, deh).


Melaka atau Malacca itu sendiri dikenal sebagai tempat yang mempunyai rumah sakit terbaik selain Penang (ini saya dapat dari mereka yang telah berobat kesana, ya). Jadi 2014 lalu saya akhirnya memutuskan untuk berobat dan operasi disana.



Kalau dibilang murah, tentu saja tydac kisanack. Lebih tepatnya cukup terjangkau tergantung pengobatannya apa. Selain itu, Malaka sangat dekat dengan kota saya tinggal, Pekanbaru, Riau.



Jadi dimana saya berobat? Yuk, saya spill the tea dibawah ini.



Baca Juga (jangan sampai salah kawan jalan!) : MACAM RAGAM TEMAN TRAVELING & TIPS MENCARI TEMAN JALAN YANG ASYIK




Berobat di Mahkota Medical Centre Malacca


Sumber foto : Medisata




Kalau dipikir kembali, kenapa saya bisa memutuskan berobat disini? Saya tidak begitu ingat kenapa, tapi kalau tidak salah saya sudah mencari dokter khusus (untuk penyakit saya) dan menemukannya di kota dan RS ini.



Ternyata ini RS juga sudah tidak asing dengan pasien dari Indonesia sehingga kalau kamu kesana, jangan takut bingung atau ragu karena staff-nya cukup memahami bahasa kita.



Dari pengalaman saya berobat (beberapa kali hingga akhirnya operasi dan beberapa check up sesudahnya), MMC menawarkan  cukup banyak dokter dan perawatan berbagai penyakit. Kalau mau lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi website mereka atau cek review-nya di Google, ya.



Mahkota Medical Centre Malacca

No 2, Mahkota Melaka, Jln Merdeka, 75000 Melaka, Malaysia

https://www.mahkotamedical.com/




Baca Juga (cek review dulu sebelum booking!)    :   SEGALA RUPA PENGINAPAN




5 Daftar Wisata Seru di Malaka Wajib Kunjungi


Salah satu dari foto lama yang selamat...hikss...




Setelah berobat di MMC yang mana, point terbaik (wkwkwkwk) dari RS ini adalah di tengah kota, jadi habis berobat, saya langsung melipir jalan-jalan di kota. 



Menariknya dari Malaka, tourism spots mereka banyak di tengah kota. Tidak perlu naik bus, cukup membuka Google Maps dan berjalan kaki, kamu akan menemukan banyak tempat-tempat menarik.



Simak daftar jalan saya yang  sudah jadi rute wajib kalau saya ke Malaka:


  1. A Famosa Fort

Sungguh tidak jauh dari MMC, ada benteng peninggalan Portugis dari abad ke-16. Mind you, ini bukan benteng yang panjang ya, tapi seperti gate yang di depannya ada 2 meriam (tolong, ini sudah tidak aktif ya, aman jangan kuatir).




  1. Christ Church Melaka

Dengan warnanya yang merah bata menyala, pasti kamu bisa segera menemukan spot ini. Gereja yang yang menjadi landmark yang menandakan Belanda yang mengambil kuasa dari Portugis ini, mungkin sudah tidak lagi menjadi gereja aktif (setahu saya, mungkin salah, mungkin benar). Cukup seru untuk berfoto di depannya dan belanja souvenir dari gerai-gerai kecil disamping gereja ini.




  1. Stadthuys

Pas sekali di depan gereja, ada semacam landmark dengan jam diatasnya. Mengingatkan saya pada Big Ben di London atau Jam Gadang di Bukittinggi. Diseberangnya, ada pedestrian yang biasanya ramai, soalnya ada yang jual cendol…must try!




  1. St. Paul Church

Untuk yang ini, tolong siapkan kaki yang kuat karena kamu akan diajak mendaki bukit kecil. Terletak di atas dan lebih tinggi dari area Malaka lainnya, ada sebuah gereja tua dengan patung Santo Paul. Asli deh, kayak di Eropa. Kamu bisa masuk ke dalam gereja, berfoto atau sekedar menikmati angin laut dan melihat ke Dumai (?!). Oh, penasaran tentang kuburan orang Eropa jaman dulu? Tinggal memutari gereja ini, kamu akan menemukan kuburan besar kotak khas orang jaman dulu.




  1. Jonker Street/Jonker Walk

Balik lagi ke Stadthuys, menyeberang jembatan kecil Melaka River, kamu akan sampai di area yang terkenal dengan bangunan-bangunan lama, hostel, inn dan macam ragam penginapan lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa coba berbagai macam kuliner karena tempat ini memang terkenal dengan cafe dan jualan lainnya. 





Baca Juga (packing jangan kebanyakkan atau malah kurang, ya!) : TIPS PACKING SIMPEL DAN CEPAT




Hidden gem di Jonker Street. Pas buat OOTD




Karena Melaka di kenal sebagai kota yang historic penuh dengan percampuran berbagai budaya, selain 5 daftar wisata diatas, pasti sembari menyusuri jalanan, kamu akan menemukan spot wisata lainnya. Semacam hidden gem begitu.



Malas gerak? Maunya cuma ngadem doang? Jangan kuair, kamu bisa keluar dari pintu belakang dari MMC dan voila, ada beberapa mall dan pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi. Dekat dan convenience.



Namun kalau kamu hanya punya 1 hari setelah berobat di MMC, 5 daftar di atas rasanya sudah cukup dan pas untuk dijelajahi dengan waktu yang terbatas. Selamat berobat nyambi liburan, ya!










You May Also Like

0 comments