Tuesday, June 5, 2018

Tips Packing Mudik Simpel Dan Cepat


Menyambut lebaran yang sebentar lagi tiba, tentu semua sarana transportasi akan menjadi sibuk dan kita berbondong-bondong membawa semua barang yang lebih seringnya tidak terpakai dan membuang banyak tenaga untuk mengangkutnya.

Maka dari itu biasanya saya akan selalu menyesuaikan tas ransel atau koper yang dibutuhkan menurut  berapa lamanya durasi perjalanan itu. Jadi tidak heran jika saya mempunyai 2 ransel yang berukuran 25 liter dan 50 liter (untuk kemping atau backpacking),  1 koper ukuran kabin dan ukuran besar untuk mudik atau liburan).

Begitu pula barang bawaan terutama toiletries, saya menghindari membawa kemasaan shampoo, conditioner, pasta gigi maupun skincare yang bulky, berbahan kaca berat dan makan tempat.

Agar kamu terhindar dari kesia-sian membawa barang yang tidak digunakan atau  disesali kemudian hari, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba: 


1.      Durasi perjalanan.Waktu sangat berpengaruh terhadap barang bawaan, begitu juga kegiatan yang akan di jalani ketika mudik nanti maka packing yang bijaksana akan sangat menentukan.


 2.      Bawa yang di perlukan saja.Kalau kamu berpikir  akan memakai semua 24 warna di palate eyeshadow untuk liburan 3 hari saja, sebaiknya kamu berpikir ulang. Begitu juga dengan pakaian yang tidak perlu; jacket tebal untuk lokasi liburan/mudik yang panas (hanya karena jacketnya terlihat keren). Packing sesuai kebutuhan dan lokasi tujuan.


 3.      Satukan buah tangan dan oleh-oleh.Hindari menyatukan makanan dan pakaian, karena tidak hanya berbau, ia bisa saja tumpah dan mengotori semua yang ada di dalam tas/koper. Gunakan kotak kardus untuk membungkus semua makanan tersendiri, segel rapat dan beri nama. 4.      Penggunaan ransel atau koper.Pilihlah tas yang tepat, membawa 1 koper besar untuk 2 hari perjalanan sungguh tidak masuk akal, apalagi kalau kamu menggunakan maskapai penerbangan yang bisa membuat kamu membayar esktra untuk luggage yang kelebihan standard beban mareka.


 5.      Peralatan mandi, skincare, make-up dan obat-obatan.Gunakan wadah kecil untuk menyalin shampoo, condiotoner, moisturizer, facial foam dan lain-lain, beri label agar tidak tertukar. Gantilah sikat dan pasta gigi kepada set lipat dan kecil. Pisahkan dengan menempatkannya pada compartment yang bisa dengan leluasa kamu akses mengingat ini adalah kebutuhan yang paling sering digunakan.


 6.      Pouch berisi kabel elektronik.Bahan waterproof dan pouch yang berwarna akan menghindari dari rasa panic ketumpahan air dan tertutup diantara barang bawaan lainnya.


 7.      Packing yang efisien.Ketimbang melipat pakaian, gulung dan kumpulkanlah ke satu sisi khusus. Barang yang paling berat harus berada di bawah diikut barang ringan diatasnya. Selalu sedikan plastic kecil untuk membungkus pakaian kotor. Jangan lupa mengunci tas dan jika kamu menggunakan gembok kecil, simpanlah kuncinya dengan seksama dan beri tanda (dengan benang warna-warni).


 Demikianlah tips singkat yang bisa kamu coba di lebaran kali ini, semoga membantu dan mempermudah perjalanan. Selamat berlebaran.     


June 05, 2018 / by / 5 Comments

5 comments:

  1. Wahhh sama banget nih, aku juga selalu gulung pakaian ketimbang dilipat, lebih efisien, koper jd muat banyak. Tapi kelemahannya pakaian jd lebih gampang kusut pas mau dipakai hahaaha.

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ya mbak, follow blogku jika berkenan, thank you

      Delete
    2. kalau mudik kerumah keluarga, bisa disetrika kembali, mbak..ahahaha
      biasanya kalau backpacking semua pakaian saya gulung, kadang hostel ada jasa pinjam hair drier, ngilangin kusutnya pakai itu :)
      terima kasih sudah follow, baiklah akan saya follow kembali, mbak :)

      Delete
  2. Waah unik juga idenya menandai kunci dengan benang warna-warni ...
    Perlu kupraktekan nih.
    Thanks info tipsnya,ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, bisa juga menandakan resleting tasnya sesuai dengan warna kunci gemboknya..
      happy mudik/liburan, mas! :)

      Delete

Post Top Ad