6 Rekomendasi Makeup Murah Terjangkau Dibawah 100 Ribu Anti Pick Me Girl

by - Januari 31, 2022




Disclaimer ya, saya tidak bermaksud untuk merendahkan seseorang atau golongan tertentu, tapi murni semata merasa tergelitik dengan isu diantara cewe jaman now; pick me girl.


Saya sendiri baru mengerti istilah ini beberapa bulan belakangan karena tidak sengaja melihat trending di Twitter mengenai ‘kaum pick me girl’ yang ‘shady’ perempuan lain dengan menonjolkan ‘natural beauty’ mereka.



Lucunya, so called natural beauty itu ternyata di dapat dari menggunakan produk skincare dan makeup abal-abal just because they were cheap. Jadi, maksudnya dengan produk murah pun mereka tetap bisa cantik dari perempuan lain yang menghabiskan ribuan dan jutaan duit untuk produk kosmetik.



Saya mau ketawa lihat meme dan joke mengenai pick me girl ini, antara ketawa, kasihan, ngenes, kesal ya kok, cewek-cewek ini semacam bebal dan ndablek. Oops sorry not sorry..



Baca Juga : REVIEW SINGKAT 3 LOCAL BRAND DARI INDONESIA - GOBAN, LUXCRIME DAN ALLGLOWS




Memahami Apa Itu Pick Me Girl





Sebelumnya, ada 2 jenis pick me, ya girl dan boy. Tapi kali ini saya akan membahas mengenai pick me girl dulu karena ya sesuai judul artikel ini, sekalian nanti akan ada rekomendasi makeup terjangkau yang bisa membantu kaum ini dari stereotype tidak menyenangkan ini.



Kalau saya ambil dan petik dari situs Bahasa Daring, https://www.bahasadaring.com/arti-kata?kata=pick%20me%20girl , penjelasan sederhana dan cepatnya adalah: 



Pick Me Girl (PMG) itu sebutan buat cewe yang ngerasa dirinya berbeda dengan cewe-cewe lainnya yang tujuannya buat mendapat validasi dari cowo-cowo.

Kata 'pick me' seperti istilah bahwa dia bilang ke cowo: 'pilih aku gih, aku ga kaya cewe-cewe lainnya'.

Umumnya pick me girl membedakan diri dengan cara yang tidak wajar seperti melebihkan diri bahwa dia tidak pakai make-up, berasa superior dan tomboi, dan memiliki selera yang ke-cowo-cowoan.

Contoh kalimat andalan mereka:

Gue mah ga suka drama-drama Korea yang romance gitu, jijik, nonton tuh genre war, action, sci-fi yang ga menye-menye.

Dih dandan lama amat, gue pake air aja udah cukup.

Napain beli skincare/makeup yang mahal ratusan ribu? Insecure banget ya? Gue dong, beli yang wajar dan terjangkau aja. 

(plot twist: beli mereka abal-abal, tidak ada BPOM, murah, KW, pakai bedak bayi dan lip product yang mereka Sashimi, aaaww girl!).


Baca Juga : REVIEW DAN REKOMENDASI PARFUM DAN BODY MIST DIBAWAH 100 RIBU








Intinya adalah mereka ingin menonjol dengan ‘menginjak dan merendahkan’ perempuan lain karena perempuan lain mungkin fussy dan memakai produk yang jelas, resmi dan mahal menurut standar ketidakmampuan si kaum pick me girl. Padahal, antara sadar tidak sadar atau denial, kaum PMG ini sebenarnya adalah mereka yang merasa insecure.


Mereka tidak mempunyai suatu kemampuan, dalam hal ini contohnya membeli produk kecantikan, namun tetap ingin terlihat sama dengan mencoba alternatif yang salah. Dengan anggapan; kan, sama- sama bedak/lipstick, lebih murah dan irit, toh, dimata cowok akan sama cantiknya.


Ya jelas tidak Maemunah, cowok tahu kok, mana makeup murah dan mahal. Pevita Pearce, Maudy Ayunda, Alyssa Daguise, Dian Sastro dan cewek cakep lainnya tidak pakai Maybelline beli 1 set 99 ribu, lipstick Sashimi, bedak bayi dan masker lumpur plastikan.



6 Rekomendasi Makeup Murah Terjangkau Anti Pick Me Girl




Kaum PMG ini kontradiktif banget ga, sih. Shaming cewek lain yang beli, contohnya Maybelline original seharga ratusan ribu rupiah, tapi mereka sendiri malah beli KW dari drugstore brand ini.


Katanya cantik alami au naturele kakaaagghh…kenapa beli barang KW?


Anyway, simak rekomendasi makeup lokal yang sudah resmi dengan BPOM, sering diskon kebangetan dan tentunya bisa membuat kamu terhindari melakukan shaming ke perempuan lain yang pakai Dior, Chanel dkk.


Baca Juga : TIPS MEMILIH SKINCARE UNTUK SEORANG MINIMALIS



Hanasui

Ini adalah brand lokal yang mungkin namanya Japan-ish. Tapi ini merupakan brand yang sudah valid yang tidak hanya menawarkan produk makeup tapi juga produk skincare hingga body care sehingga kaum PMG bisa hemat ongkos, silahkan beli semuanya di satu tempat saja. Harganya sangat beragam, bahkan murah banget jadi akan memungkinkan untuk membeli banyak produk di bawah 100 ribu.



Crushlicious

Satu lagi brand lokal yang juga bisa jadi pertimbangan baik untuk skincare maupun makeup. Bahkan saat saya sedang menulis ini, ternyata mereka lagi ada promo 3 lipcream cuma 50 ribu saja, ada di Shopee (artikel ini murni ditulis tanpa adanya kerjasama dengan semua brand dan Shopee, murni untuk membantu kaum PMG untuk sadar). Silahkan beli, bahkan kamu bisa share buat beli agar lebih hemat.



Azzura Cosmetics

Tahu ga sih, kalau bedak bayi itu cuma untuk bayi. Itu juga dipakai di badan dan di bokong, kenapa dipakai di muka? Mau muka jadi sehalus bokong bayi? Oh, kalau itu, kamu harus ke dermatologist RESMI, bukan yang kurang jelas seperti salon atau klinik shady ya. Yuk, ganti bedak andalanmu ke bedak Azzura, murah dong, cuma 25 ribu saja dan memang bedak yang ditujukan untuk perempuan, bukan bokong bayi.



Nuface

Perlu serum dan lip cream? Mungkin selanjutnya kamu bisa mencoba brand ini. Kalau kamu juga tertarik dengan packaging dan botol serum kekinian itu, serumnya Nuface juga sama, kok.



OMG Beauty


Baru tahu, kalau brand ini kemarin (mungkin) jadi endorsement untuk souvenir pernikahan Ria Ricis, ya? (kasih tahu di kolom komentar bawah benar atau tidaknya, ya). Kalau YouTuber sebesar RR saja mengakui brand OMG ini, kenapa kamu justru ragu, ya kan?



Implora

Rekomendasi terakhir adalah Implora yang menjual banyak produk mulai dari makeup, parfume, pewarna rambut sampai antiseptik. Kurang lengkap apa coba? Kalau kamu ingin ‘melebarkan’ sayap kecantikanmu lebih dari sekedar bedak bayi dan liptint Sashimi, kamu bisa mencoba eyeshadow palette, foundation, blush on dari brand ini. Dijamin tidak akan membuat kantong bolong apalagi selain banyak diskon, kamu bisa mengangsur membelinya.



Mari Belajar Edukasi Diri Tentang Produk Kecantikan




Entah sejak kapan istilah PMG mulai populer, tapi sebelumnya kaum ini sudah lama ada di dunia walau mungkin belum menerima label yang tepat saat itu. Kini, di zaman serba canggih dan mulai aware akan kesehatan mental, orang-orang akan dengan mudah mengidentifikasi suatu kaum. Apalagi kalau di Twitter, kamu akan dengan mudah menemukan bermacam-macam kaum dan klasifikasi people  jaman now.


Karena canggihnya zaman ini juga, maka siapa saja jadi punya kesempatan yang hampir sama terbuka lebar termasuk bermunculannya brand abal-abal, KW dan baru yang valid. Tinggal kita saja, yang harus bisa dan benar-benar membaca dan riset apa yang sudah ditawarkan dunia saat ini.


Sayangnya, banyak yang masih beranggapan; kenapa harus beli mahal kalau bisa murah (dan bagus). Tidak para gadisku, tidak ada jaminan yang baku, yang bisa menjamin adalah bahan yang digunakan oleh suatu produk dan surat resmi legal dari BPOM Indonesia.


Ya, walau kamu beli liptint seribu rupiah sekalipun, kamu tidak punya hak sama sekali untuk shaming perempuan lain yang beli liptint original. Pada dasarnya kamu denial, menyangkal, menepikan insecurities kamu dengan merendahkan orang lain untuk menutupi kekurangan kamu.


Baca Juga : REKOMENDASI MICELLAR WATER TERJANGKAU DIBAWAH 50 RIBU



Padahal masih banyak merek lokal yang lebih murah dan terjangkau, yang akan melindungi wajah dan kulitmu yang berharga itu. Jangan mudah tergoda dengan kosmetik abal-abal, hei, itu orang penipu semuanya, kamu hanyalah target pasar mereka karena, sorry not sorry, kamu cukup bodoh.


Makanya, jangan malas membaca dan melakukan riset, kalau kamu sanggup memberi perhatian kepada kecantikanmu, kenapa kamu juga tidak melakukan hal yang sama kepada produk yang hendak kamu beli? Lalu kalau kamu masih merasa insecure dengan perempuan lain yang menggunakan produk bermerek, kamu tidak akan pernah lepas dari dilabeli kaum Pick Me Girl.


Jangan lagi mudah tergiur dengan iming-iming kulit putih cepat, bibir indah dengan produk harga murah tapi tidak jelas atau teracuni oleh komentar, review dari teman sesama PMG atau review di e-commerce. Jangan mau lagi disebut bodoh, karena mereka yang jual produk abal-abal akan semakin kaya, kamu semakin bebal tidak mendapat pencerahan.


Sesuaikan dengan kemampuan finansial kamu, jangan terlalu berpatokan pada seorang yang cantik dan sukses. Kamu adalah kamu, tidak ada gengsi, tidak ada kesombongan dan ego, hanya diri kamu yang cerdas dengan menggunakan produk yang resmi berbahan aman tanpa harus mencari-cari validasi kaum lelaki.


Bukan  begitu, Pick Me Girls?










You May Also Like

0 comments