Sustainability Sebagai Cara Hidup yang Sehat dan Mindfulness

by - September 16, 2021




Sejak saya memutuskan untuk menjalankan gaya hidup minimalis dan mindfulness pada tahun lalu, cara hidup ini membuat saya lebih teliti memilih serta menggunakan barang. Menjadi seorang minimalis menyadarkan saya untuk lebih aware akan permasalahan limbah pribadi saya dan bagaimana limbah itu nantinya akan disalurkan. 



Kalau dulu sebelumnya saya tidak terlalu memikirkan kemana limbah yang saya hasilkan, kini saya lebih rajin memilah apa saja yang saya gunakan dan sebesar apa limbah yang saya hasilkan darinya. Sedapat mungkin saya berusaha meminimalisir limbah pribadi seperti dengan mulai membawa reusable straw, menggunakan botol tumbler ketimbang membeli air mineral setiap kali saya sedang keluar serta tidak berusaha tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai.




Ini membuat saya lebih mindful tentang apa saja yang gunakan dan kenakan sehingga saya lebih memilih produk atau barang yang benar-benar hanya saya gunakan dan menghindari menumpuk barang yang tidak terpakai. Selain itu saya juga berusaha untuk mencari pengganti yang lebih ramah produk seperti menggunakan kain pembersih wajah dibandingkan dengan memakai kapas konvensional yang akhirnya menumpuk limbah.




Memahami Sustainability dan Cara Melakukannya






Rasanya kita selalu mendengar istilah ini dimana-mana dan masih kebingungab, apa sih, yang dimaksud dengan sustainability itu sendiri? Jika dijelaskan secara sederhana, sustainability atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan keberlanjutan, adalah cara atau kapasitas untuk bertahan dalam cara yang relatif berkelanjutan di berbagai hal dalam kehidupan. 



Sustainability juga bisa menggambarkan cara manusia mempertahankan perubahan lingkungan yang seimbang antara sumber daya, teknologi dan perubahannya. Dari semua faktor ini adalah bagaimana semua faktor yang terlibat didalamnya dapat memenuhi kebutuhan manusia tetapi juga tidak mengganggu keseimbangan faktor lain. 

 


Sedangkan keberlanjutan dalam dunia modern saat ini menjadi luas sehingga rasanya akan sedikit susah didefinisikan secara tepat. Mengingat awalnya sustainability berarti hanya cara sederhana untuk memanfaatkan sumber daya alam yang terbarukan untuk memenuhi kebutuhan manusia saja.


Namun ternyata sustainability di era modern ini semakin berkembang tetapi bagi saya pribadi ini berarti bagaimana saya bisa menggunakan suatu tool atau sumber daya dengan maksimal dengan cara :



  • Menghindari membeli baju fast fashion

Industri fashion adalah salah satu penyumbang terbesar limbah dunia yang mana ini jelas menjadi masalah kita bersama. Produksi fast fashion yang cepat membuat orang juga cepat juga dalam berganti trend yang mana pakaian semakin berumur pendek dikarenakan manusia cenderung mengikuti perkembangan trend. Untuk menghindari hal ini, saya lebih memilih berbelanja pakaian bekas layak pakai serta mencari kualitas pakaian yang lebih tahan lama.



  • Cermat dalam menggunakan gadget

Selain juga bagus untuk kesehatan mental, saya kini lebih efisien dalam menggunakan gadget dan menghindari menghabiskan banyak waktu di dunia maya. Saya akan mematikan smartphone dan lampu sebelum tidur sehingga saya bisa langsung menghemat energi listrik.



  • Menghindari wadah plastik sekali pakai

Banyaknya minuman dan makan cepat saja membuat kita sering lupa, bahwa untuk mendapatkan pelayanan yang cepat ini, berarti ada permasalahan disebaliknya. Ya, sampah plastik. Meski memang tidak mudah karena pemakaian wadah plastik sudah menjadi umum, tapi saya berusaha untuk mengurangi plastik sedapat mungkin.



  • Pakai sampai habis

Selanjutnya tentu saja menggunakan produk yang saya punyai sampai habis. Ini adalah cara yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, semudah menghabiskan produk perawatan kulit yang saya pakai, makanan/minuman yang saya makan, dll. Apa saja selama bisa dipakai sampai habis, mari dihabiskan dulu sebelum membeli sesuatu yang baru.




  • Menghemat air

Air adalah hal yang paling sering disia-siakan karena kita selalu berpikir hujan akan selalu turun dan pasokan air bersih kita akan selalu ada. Saya mengubah cara pikir ini dan mulai menghemat air di rumah, dikantor, dimana saja dengan sesederhana mematikan keran serta menggunakan air dengan efisien.



  • Daur ulang atau recycle

Ini adalah poin yang menarik, daur ulang bagi saya sama dengan mengeluarkan kreatifitas. Ada banyak contoh kreatifitas dan ide kerajinan daur ulang sampah yang bisa saya coba demi mengatasi serta mengurangi limbah pribadi saya.





APRIL Group dan Kepedulian Terhadap Sustainability 






Hidup dengan sustainability tidak hanya bagaimana manusia baik individu dan masyarakat secara garis besar, bisa menjalankannya. Tetapi juga perusahaan- perusahaan yang menggunakan banyak sumber daya dalam operasional mereka. Salah satunya adalah Asia Pacific Resources International Holdings Ltd atau APRIL Group yang memahami betapa pentingnya ada sustainability dalam jajaran organisasi mereka.



Datang dengan berbagai program kesinambungan mulai dari Restorasi Ekosistem Riau (RER) yang bertujuan untuk pelestarian ekosistem di alam alami Riau, konservasi hutan hingga juga menerapkan plant based food diet. Proyek ini sendiri diluncurkan untuk dapat membantu menghubungkan produsen makanan area setempat dengan aplikasi Toko Andalan agar mempermudah karyawan mereka dalam mendapatkan pasokan sayur segar yang bermutu. Adapun layanan ini juga dimaksudkan untuk menggerakan ekonomi masyarakat dan kontribusi dari perusahaan dalam usaha sustainable living demi mencapai SDGs hingga 2030 nantinya. 








You May Also Like

0 comments