4 Serum Retinol Lokal Terbaik - Wishlist Ann Solo

by - September 09, 2020




Saya mendengar istilah kandungan retinol ini sudah sejak lama dan seringnya di dalam grup penggemar skincare dan kosmetik yang saya ikuti, mengatakan bahwa ibu hamil sebaiknya menghindari skincare yang berbahan retinol. Tidak bagi bagi kandungan, gitu. Karena mendengar ini, saya pun penasaran mencari tahu apa sih, retinol ini.


Saat ini retinol sedang naik daun, kalau kemarin kita lagi heboh banget dengan centella asiatica atau cica yang menjadi 'jualan' banyak skincare merek luar negeri maupun lokal, lalu niacinamide atau B5 yang juga ikutan jadi star ingredients. Kini retinol ikutan muncul dan banyak local brands yang membuat line retinol khusus seperti Avoskin yang menjagokan 2 produk yakni toner dan serum.


Sebagai skincare enthusiast, saya juga penasaran ingin mencoba karena klaim retinol yang dreamy banget mulai dari mengatasi dan mencegah tanda penuaaan (anti- aging), mengatasi jerawat, breakout, menyamarkan visible pores, menghaluskan dan meratakan tekstur kulit dan klaim lainnya yang sangat menggiurkan. Siapa yang tidak terpengaruh? Apalagi saya yang punya teksur kulit yang bikin dongkol; cepat digerogoti komedo, terasa kasar hingga kusam, menggelap padahal tidak kena matahari.


Berpegang pada klaimnya yang 'dreamy' nan aduhai itu, maka saya pun mencari tahu beberapa merek lokal yang mengeluarkan serum retinol, sejauh ini saya menemukan 4 serum retinol lokal yang akan saya masukkan ke dalam wishlist saya (entah kapan itu akan terwujud, semoga secepatnya).



Baca Juga :   REVIEW CENTELLA ASIATICA ESSENCE - ELIZAVECCA, MS GLOW DAN L'OREAL REVITALIFT



Mengenal Retinol Kandungan Skincare Anti-Aging Terbaik 2020




Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, Retinol, juga dikenal sebagai vitamin A1-alkohol, adalah vitamin dalam keluarga vitamin A yang ditemukan dalam makanan dan digunakan sebagai suplemen makanan.  Sebagai suplemen, ia dicerna untuk mengobati dan mencegah kekurangan vitamin A, terutama yang menyebabkan xerophthalmia. Jadi disini retinol lebih ditekankan pada jenis vitamin yang dikonsumsi langsung ke dalam tubuh. Retinol ditemukan pada tahun 1909, diisolasi pada tahun 1931, dan pertama kali dibuat pada tahun 1947. Sebagai obat, retinol masuk dalam Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia serta tersedia sebagai obat generik dan dijual bebas.


Sedangkan sumber dari WebMD yang saya kutip : Retinol adalah kandungan yang ditambahkan ke krim yang menempel di kulit Anda untuk membantu meningkatkan jumlah kolagen yang dibuat oleh tubuh Anda dan mengencangkan kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, juga meningkatkan warna dan warna kulit dan mengurangi bercak berbintik-bintik. Menggunakan produk berbahan dasar retinol dapat membuat lapisan atas kulit Anda kering dan bersisik. Cara terbaik adalah mengaplikasikannya pada malam hari dan memakai pelembab dan tabir surya keesokan harinya. 


Menurut artikel dalam Good Housekeeping pula : dalam perawatan kulit, retinol adalah versi OTC dari tretinoin dalam dosis yang lebih kuat, juga dikenal sebagai asam retinoat, yang sering diresepkan oleh dokter kulit untuk pengobatan jerawat dan tujuan anti-penuaan. Retinol dan asam retinoat termasuk dalam kelompok turunan vitamin A yang disebut retinoid. 


Meskipun retinol dapat menyebabkan manfaat yang serupa dengan asam retinoat yang diresepkan, ia lebih lemah dan karenanya tidak menyebabkan iritasi. Beberapa dokter kulit menyarankan untuk memulai dengan retinol agar kulit Anda menyesuaikan diri dengan bahan tersebut. Tetapi Anda tidak perlu menggunakan retinoid berkekuatan resep untuk mendapatkan manfaatnya. Selain itu, retinol tersedia dengan harga yang lebih murah daripada harga asam retinoat khusus yang memerlukan resep dari ahli dan Anda tidak perlu menjadwalkan kunjungan dokter untuk menggunakannya.



Baca Juga :     REVIEW AXIS-Y TONER DAN AMPOULE - SKINCARE BARU ASAL KOREA



Efek Samping Pemakaian Skincare Mengandung Retinol


Pada umumnya Retinol aman untuk semua jenis kulit, tetapi beberapa orang mungkin akan mengalami  efek samping seperti kulit yang menjadi kering, kemerahan, dan iritasi, yang umum terjadi terutama jika kita baru pertama kali menggunakan retinol.  Karenanya, cara yang terbaik adalah memulai dengan bertahap.  Selain itu, karena retinol meningkatkan pergantian sel yang mendorong kulit baru yang halus ke permukaan, hal ini berpotensi menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Makanya penting sekali untuk mengaplikasikan tabir surya setiap hari saat menggunakan retinol.


Baca Juga :      CLEANSING BALM LOKAL TERBAIK DAN TERJANGKAU



4 Serum Retinol Lokal Terbaik 


Setelah saya cari informasinya kesana- kemari (ulang alik baca semua artikel, gitu), saya memutuskan 4 serum retinol lokal yang ingin sekali saya coba, yakni :



Avoskin Miraculous Retinol Ampoule




Menurut keterangan resmi langsung dari situsnya : This Ampoule contains Retinol, Peptide, Vitamin E, with green tea extract and raspberry that work optimally to stimulate regeneration of new skin cells thereby increasing the production of natural collagen in the skin. Serves to diminished fine lines, maintain skin elasticity, and brighten the skin. Review serun ini sudah lumayan banyak meski ternyata ini produk terbaru dari Avoskin, saya sendiri juga sudah mencoba Miraculous Retinol Toner dan nantikan review toner ini diawal bulan nanti, ya. Hanya saja saya masih penasaran dengan serum atau ampoule-nya, nih.



For Skin Sake Retinol Serum







FSS atau For Skin Sake adalah brand lokal yang ingin saya coba semua produknya sayanganya belum sempat kesampaian hingga saat ini (masih menabung, akutuh). Salah satu produk yang paling ingin saya coba ya retinol serum-nya yang ternyata banyak disukai banyak orang dan di rave oleh banyak beauty enthusiast.


Baca Juga :        REVIEW WATER BASED FACIAL WASH YANG BISA DIBELI DI DRUGSTORE/ONLINE



Votre Peau Retinol Serum




Satu lagi local brand yang paling ingin saya coba, ya, Votre Peau ini karena banyak sekali rekomendasi dan review yang memuji brand ini mulai dari serum vitamin C hingga sunscreen-nya. Bahkan produk niacinemide terbaru dari Votre Peau sedang trending ya, masih, saya harus menabung dulu untuk beli. Hiks.




Somethinc Level 1% Retinol




Rasanya dari 4 serum ini, Somethinc yang paling affordable dengan harga Rp 155.000 dibandingkan 3 serum diatas yang dibanderol diatas 200 ribu. Tapi, tetap belum kebeli. Hiks. Padahal saya sudah beli peeling serum dan coba sedikit serum niacinemide-nya. Cuma somehow kurang greget, namun bukan berarti saya berhenti mencoba merek ini, malah saya kepengan coba semuanya. Arkh!



Kontroversi Retinol Untuk Penggunaan Skincare


Sayang sekali deh, saya lupa artikel yang dulu saya baca tentang kontroversi retinol di dunia kecantikan. Sejauh yang saya ingat artikel itu mengatakan kalau belum ada riset ilmiah pasti mengenai khasiat atau klaim khusus retinol yang dipakai sebagai bahan skincare. Berhubung saya bukan sumber yang tepat untuk mengemukakan pendapat mengenai ini, kalian bisa baca link artikel The Retinol Controversy ,  The Truth About Retinol — A Powerful Yet Controversial Ingredient dan di artikel Skincare: The Vitamin A Controversy.


So far saya hanya menemukan 4 retinol serum dari leading local brands, tapi saya masih ingin mencoba mereka- mereka lain sekiranya mereka juga mengeluarkan produk retinol juga. Kalau pembaca Ann Solo punya produk lokal retinol andalan, please banget, tolong share di kolom komentar, yak. Juga nih, kalau kalian punya informasi tambahan mengenai retinol, sekali lagi please share karena saya juga masih mempelajari kandungan ini. 


You May Also Like

1 comments

  1. semuanya aku pengen coba kaaaakkkhhhh retinol lokal ternyata bagus semua ya kak

    BalasHapus