Review Pemakaian Avoskin Ultra Brightening Cream dan Avoskin Miraculous Retinol Toner

by - September 30, 2020




Tahun 2020 ini terasa cepat sekali berlalu, ya? Tahu- tahu kita sudah di penghujung September  begitu juga penghujung pemakaian produk Avoskin terbaru yang sudah saya coba sebulan ini. Saatnya saya berbagi hasil pengalaman saya, mumpung lagi hangat dan segar, seperti ubi rebus manis. Yeah!


Sama hangatnya dengan retinol yang beberapa bulan ini jadi trending dan banyak brand yang membawa ingredients yang biasanya juga dikenal dengan vitamin A. Iya, vitamin untuk wajah namun dunik kecantikan lebih mengenalnya sebagai retinol. Awalnya nih, saya sedikit khawatir, karena sebelumnya hanya memahami retinol sebagai kandungan yang digunakan oleh klinik dermatologi mahala seperti Hollywood atau klinik kecantikan Korea. Karena seingat saya, saya pernah menonton dokumentari mengenai trend kecantikand an retinol digadang- gadang sebagai inovasi dan terobosan baru dalam melawan anti-aging.


Banyak penggemar duniak kecantikan, skincare secara spesifiknya, swore by retinol lebih baik dalam mengatasi kerutan, sagging skin dan dull skin daripada botox. Selain lebih affordable/terjangkau, retinol juga lebih ramah guna dan aman untuk digunakan sendiri. Biasanya sejauh yang saya ingat, retinol lebh dikenal dengan tekstur cair dan harus disuntikkan oleh dermatologis yang sudah terdaftar dan bersetifikat. Kalau tidak salah, ya. 



Fakta Mengenai Retinol


Berhubung saya tidak mengingat lagi dokumenter yang saya tonton dulu, saya pun mencari informasi mengenai retinol dari beberapa artikel seperri Marie Claire, Allure dan lain- lain. Memang sih, artikel yang saya baca ini bukan jenis paper ilmiah, tapi untuk keperluan pribadi, saya cukup dapat mencerna mengenai retinol ini secara garis besar.


Jadi, menurut artikel yang telah saya baca, dalam dunia kecantikan retinol bisa digunakan atau dipakai untuk mengatasi :


1. Mencegah kemunculan garis halus dan kerutan/wrinkles

Tidak hanya menghaluskan penampakan garis halus dan wrinkles yang sudah ada, retinol juga mampu meminimalisir atau mencegah kemunculan wrinkles baru.


2. Mencerahkan kulit kusam

Retinol akan bekerja dengan mengeksfoliasi atau mengelupas sel kulit mati hingga memberi layer kulit baru berikutnya terlihat lebih cerah, halus, dan nyaris terasa baru (sel kulit baru kali, maksudnya ya)


3. Merawat dan menyembuhkan jerawat

Selain merawat kulit tipe berminyak, retinol juga mencegah dari penyumbatan pori- pori yang mengakibatkan komedo, jerawat nanah (cysts) dan jerawat tipe lain.


4. Memudarkan dark spots

Pemakaian retinol yang konsisten akan membuat kompleksi wajah lebih rata, memudarkan sun sports, bekas jerawat,  hyperpigmentation dan juga dark spots.


Baca Juga :    4 SERUM RETINOL LOKAL TERBAIK - WISHLIST ANN SOLO



Review Pemakaian Avoskin Ultra Brightening Cream




Siapa sangka meski saya kemarin masih WFH, kulit saya kusam dan kasar, padahal keluar rumah saja tidak. Karena saya sudah terlalu lama mengandalkan serum, kali ini saya ingin mencoba pencerah tipe klasik yakni krim/cream. Jujur ini, selain sekarang saya hanya menggunakan 1 atau 2 moisturizer untuk keperluan khusus seperti saat dry pacthes nongol, saya tidak terlalu condong kepada pelembab tipe ini karena sudah nyaman dengan tipe cair serum. 


Jadi, balik menggunakan cream ini merupakan PE-ER karena saya agak bingung bagaimana cara menghabiskannya atau malah malas mencoleknya. Untungnya cream yang kabarnyaa adalah reformulasi terbaik dari versi sebelumnya (saya belum coba) ini, sangat kecil. Cukup mengejutkan disaat saya sendiri walau berjuang menghabiskan cream tapi ngotot pengen cream ukuran besar ahahaha Untungnya cream ini hanya 10 ml dan ini bakalan jadi andalan buat dibawa traveling nanti kalau corona sudah lewat uhuhuhu






Klaim dari cream ini sendiri adalah :

Ultra Brightening Cream is a moisturizer product that focuses to brighten the skin. Contains 3% Alpha Arbutin, 0.5% Actosome Retinol, and is equipped with licorice and vitamin E. This product helps disguise black spots, overcome dull skin, even skin tone. Contains Vitamin E and Retinol which function to delay the appearance of signs of premature aging. Helps maintain skin moisture. Fragrance Free and Sensitive Skin Friendly.


Sedangkan daftar ingredients-nya adalah :

Water, Caprylic/Capric Triglyceride, Alpha-Arbutin, Glycerin, Diheptyl Succinate (and) Capryloyl Glycerin/Sebacic Acid Copolymer, Pentylene Glycol, Butyrospermum Parkii Butter (Shea Butter), Squalane, Hydroxyethyl Acrylate Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Propanediol, 1,2 - Hexandiol, Propylene Glycol, Anthemis Nobilis (Chamomile) Flower Oil, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Sodium Hydroxide, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Retinol, Hydrogenated Lecithin, Cholesterol, BHT, Tocopheryl Acetate, Phaseolus Radiatus Seed Extract, BHA, Avena Sativa (Oat) Meal Extract.



Hasil pemakaiannya Avoskin Ultra Brightening Cream :


1. Tekturnya yang suprsingly gel cream like yang mudah dibaurkan dan tidak terlalu greasy.

2. Tidak mempunyai wangi spesifik.

3. Aman dilayer dengan toner pure cica saja dan terlalu berat jika di layer dengan skincare step saya yang lain, jadi karena itu saya mengkhususkan September ini sebagai bulan penggunaan ke-dua produk Avoskin untuk melihat hasil pemakaian yang lebih detail.

4. Kulit terasa lebih smooth dan rata, bump gradakan juga berkurang, pori- pori pipi yang biasanya menganga terlihat lebih rapat yang mana ini tandanya cream ini berhasil membersihkan lapisan kulit mati di dalamnya.

5. Di kulit saya, cream ini cukup berkerja namun saya masih wanti- wanti untuk tidak memakainya hanya dimalam hari dan tidak setiap malam pula.



Baca Juga :     CLEANSING BALM LOKAL TERBAIK DAN TERJANGKAU



Review Pengalaman Memakai Avoskin Miraculous Retinol Toner




Sebelumnya, saya harus memberikan tepuk tangan buat merek lokal yang semakin berkembang ini; tidak hanya dari segi ideologi yang mereka jalankan sebagai skincare brand tetapi juga inovasi dari waktu ke waktu. Saya mengetahui brand ini dari hype produk Perfect Hydrating Treatment Essence yang saat itu rasanya wow sekali karena saya cuma tahu SKII (dan itu juga tidak mampu beli full size-nya, belum lagi ternyata saya breakout).


Maka sama dengan PHTE mereka, kini Avoskin juga datang dengan retinol! Ahahaha Begitu saya melihat produk line retinol ini, jujur saya kaget. Mengingat setahu saya retinol umumnya lebih common di produk luar seperti di merek L'Oreal, Neutrogena, Murad, dan tentunya The Ordinary.


Meski saya belum pernah mencoba merek luar dan, inilah pertama kalinya saya mencoba retinol, berikut ini pengalaman memakai Avoskin Miraculous Retinol Toner yang bisa saya bagikan untuk pembaca yang juga sedang mencari rekomendasi retinol :


1. Toner ini termasuk kental dan membutuhkan waktu untuk terserap sempurna.

2. Tidak mempunyai wangi yang semerbak, mungkin lebih tepatnya ada wangi samar tapi saya tidak bisa memastikan wangi yang tepat (love it).

3. Tidak membuat breakout atau gatal.

4. Dalam sebulan ini, saya mencoba berbagai macam cara pemakaian mulai dari pemakaian tunggul setelah mencucui wajah, menggabungkannya dengan Ultra Brightening Cream hingga me-layer-nya dengan skincare yang berbeda merek.

5. Toner ini aman di layer dengan toner pure cica dan moisturizer, namun saya selalu mencoba meringkas skincare step berhubung iklim dan cuaca kota saya tingga; sangat panas, jadi disini bisa saya nyatakan kalau toner ini cukup aman di layer dalam 4 step versi saya : facial wash - toner pure cica - Avoskin Miraculous Retinol Toner - moisturizer ringan.

6. Sedangkan pemakaian dengan Avoskin Ultra Brightening Cream serasa perpaduan yang buruk untuk kulit saya. Perpaduan ini terlalu kering untuk kulit saya dan membuat beberapa bagian di wajah teruatam di tulang pipi kiri, dagu, jidat dan rahang menjadi kering dengan dry pacthes. 

7. Pemakaian tunggal ternyata cukup bagus, karena saya sempat memakainya 3 hari berturut- turut pun masih terasa mengalami perubahan signifikan dengan memudarnya bekas stubborn acnes scars di pipi kiri (yang legendaris ini ahaha), tekstur kulit yang lebih rata dan halus dibagian rahang (ini adalah tolok ukur bagi saya jika suatu produk bekerja karena bagian ini mudah sekali kasar) dan kedua pipi yang mulai rata bump-nya (tahu kan, kalau kulit itu berasa gradakan seakan ada bump gitu). 

8. Selama sebulan ini saya hanya memakainya di malam hari saja dan mematuhi saran pemakaian, karena saya juga memakai Avoskin Ultra Brightening Cream, maka saya memakainya selang-seling sehingga toner ini cukup awet untuk 2 bulan paling tidaknya.



Avoskin Miraculous Retinol Toner ini mempunyai kandungan :

Water, Propylene Glycol, Niacinamide, Glycerin,  Polysorbate 20, Phenoxyethanol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Polyglyceryl-2 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Glyceryl Stearate, Stearyl Alcohol, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Retinol, Hydrogenated Lecithin, Ethylhexylglycerin, Cholesterol, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, BHT, Punica Granatum (Pomegranate) Fruit Extract, Butylene Glycol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, BHA, Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Palmitoyl Hexapeptide-12


Jika ditilik lagi, retinol menempati urutan kandungan ke-15 jadi rasanya retinol ini cukup aman buat semua jenis kulit (klaim ini juga saya dapatkan dari beberapa artikel lainnya).

Sedangkan klaim dari Avoskin Miraculous Retinol Toner yang saya ambil dari web resminya adalah : This toner contains Niacinamide, Retinol, Peptide and enriched with pomegranate fruit extract to diminish fine lines, maintain skin firmness, and brighten your skin. Working effectively to triggers the regeneration of new skin cells and naturally increases collagen production. 


Baca Juga :    REVIEW CENTELLA ASIATICA ESSENCE - ELIZAVECCA, MS GLOW DAN L'OREAL REVITALIFT



So, How Was It ?


Secara keseluruhan, kulit saya ternyata cocok sekali dengan retinol dan mendapatkan hasil nyata tanpa banyak keluhan selain hanya terasa kering saja. Namun ini adalah pemakaian dan pengalaman saya pribadi yang pastinya akan berbeda bagi setiap orang serta kondisi mereka masing-masing. 

Lalu kalau ditanya apakah saya akan repurchase lagi? Tentu saja, saya juga fans berat Avon Miraculous Refining Toner yang jauh lebih mantab dari toner serupa (oopss!).  Ini juga membuat saya ingin mencoba semua lini dari produk Avoskin suatu hari nanti (harus mulai menabung dan cari moment diskon, nih) 



You May Also Like

6 comments

  1. Aaaaaa Ann. Ini toner yang aku pengen coba banget. Tapi masih waiting list sih karena toner yg lama aku masih banyak. Sempet penasaran emng karena banyak yg blg oke. Jadi impulsif pengen coba juga 😆 Liat review ini jadi ga sabar mau cb cepet cepet haha.

    BalasHapus
  2. selalu pengen coba retinol sih kak, nanti deh aku cari yang lagi diskon aja 11.11 ehehehee

    BalasHapus
  3. apa itu retinol kak?

    BalasHapus
  4. Wah bermanfaat banget informasinya kak ! Aku bakal nyari nih soal retinol ini maacih kak

    BalasHapus
  5. aku mau coba retionol jugaaaaa tapi ntar deh lihat di ecommerce yg paling pas

    BalasHapus
  6. Wah salut dengan merek lokal satu ini.

    btw, kakak cocok ya untuk ini. Setelah aku baca kesimpulan ada terasa kering gitu, aku mikirnya bakal gak cocok nih unk kulitku. Tapi dicoba dulu kali ya, thanks for sharing nya kak :)

    BalasHapus