Friday, August 10, 2018

5 Tempat Wisata Kuliner Terjangkau Di Pekanbaru

Sebagai warga asli Pekanbaru, saya sendiri masih sering berburu makanan yang enak dengan bujet terbatas, terjangkau, merakyat dan tentunya anti-mainstream di Pekanbaru karena lidah juga membutuhkan variasi meski kadang jenis makanannya sama. Selain itu kita tidak dapat menghindari faktor bosan karena seringnya makan disatu tempat atau suasana yang sama, maka itu dari itu hobi hunting makanan merupakan kegiatan rutin yang menyenangkan.


Apa sajakah 5 tempat wisata kuliner terjangkau tetapi enak di Pekanbaru, Kota Bertuah ini? 


Berikut daftar makanan yang kamu harus coba:

1. Mie Ayam Pakde.




Mie ayam yang satu ini telah lama malang melintang didunia kuliner Pekanbaru, namun masih banyak saja yang belum mencoba dan mengetahuinya berhubung letak tempatnya yang menjorok masuk kedalam diapit oleh 2 restoran besar.






Dengan harga Rp 14.000/mangkuk dan hanya memilih spesialisasi menyajikan mie ayam semata, kedai ini wajib untuk dicoba apalagi mareka juga mempunyai condiment sampingan yang menjadi trademark karena keunikan yang tidak bakalan kita temukan di kedai mie ayam lainnya; asinan cabe hijau yang segar.

Mie Ayam Pakde, Jl. Haji Ismail Yusuf (masuk di samping Restoran Koki Sunda Sudriman), Pekanbaru.

2. Rujak Ajo.




Dulu sebelum banyak penjual rujak mengklaim rujak mareka Rujak Ajo juga, satu- satunya Rujak Ajo yang saya ketahui sejak saya kecil adalah rujak ini yang dulunya berada tepat disamping Hotel Riau (Hotel Aryaduta sekarang). 




Apalagi rujak ini telah menemani masa kecil hingga saya, adik- adik dan para sepupu tamat sekolah, membuat saya bisa memberi nilai plus untuk Rujak Ajo ini sebagai daftar kuliner yang tidak hanya murah meriah namun juga memiliki nilai nostalgia serta sejarah terutama bagi orang Pekanbaru lama.




Meskipun kini diracik oleh anak buah Ajo, tapi rasanya tidak jauh berbeda dari yang saya ingat dulu walau harga mengalami peningkatan juga porsinya lebih sedikit. 





Rujak Ajo : Rujak Rp 15.000, Es Tebak Rp 10.000.
Jl. Sambu (tepat dibelakang Hotel Aryaduta Pekanbaru).



3. Cendol Pak Jenggot.




Rasanya hampir semua penggemar kuliner di Pekanbaru mengetahui betapa nikmatnya cendol yang satu ini yang bahkan saking terkenalnya sering dipesan untuk mengisi jamuan pernikahan di hotel.




Akan tetapi jika kamu belum tahu mengenai keenak cendol ini, kamu bisa mencoba kenikmatan cendol yang berbeda dengan cendol lainnya, karena Pak Jenggot sang pemilik mempunyai bahan istimewa; gula merah tradisional yang kental, ketan pulut yang tebal, sedikit emping serta kacang merah yang membedakannya dari cendol kebanyakkan.




Bagi kamu yang tidak menyukai/alergi terhadap durian, jangan kuatir karena kamu bisa meminta mareka untuk tidak memasukkan durian kedalamnya.

Cendol Pak Jenggot.
Cendol Rp 12.000/mangkuk.
Jl. M. Yamin (diantara Bank Mandiri, menempel di area parkir Bank Permata), Pekanbaru.



4. Es Kacang Hijau & Rujak Jondul.




Kali ini saya tidak akan membahas rujak Jondul yang terkenal itu, melainkan 2 dari 3 minuman dingin mareka yang juga sama asyiknya, yaitu Es Kacang Hijau dan Es Jali- Jali.




Menempati ruangan kedai yang kecil menyempil diantara warung bakso dan toko kelontong, jika kamu ingin mencari kedai ini dibutuhkan kejelian yang ekstra karena saya sendiri sering silap melewatkannya.




Dan walaupun rujak lebih menjadi daya tarik dari kedai ini, ke 3 minuman dingin mareka juga unik patut dicoba dan berbeda seperti Es Jali- Jali segar yang dipercayai mampu mengobati panas dalam karena terbuat dari barley putih, Es Kacang Hijau yang dicampur dengan jelly bulat kecil plus butiran ketan membuatnya menonjol diantara banyak kacang hijau serupa.

Rujak Jondul.
Rujak Rp 30.000/porsi cukup besar untuk 2 - 4 orang.
Es Jali - Jali, Es Kacang Hijau & Es Buah masing- masing Rp 9.000/gelas.
Jl. Kuantan Raya (tepat di pintu gerbang Perumahan Jondul).



5. Gabin Tape Snack 'N Company.




Buat kamu yang masih ingat betapa enaknya gabin tape yang biasa kita beli dulu ketika SD dan penasaran dimanakah kita bisa menemukan jajanan pasar yang satu ini, worry not karena kamu bisa memesan cemilan masa kecil ini dari Snack N Company yang khusus menjual gabin tape buatan rumahan.




Demi menjamin orisinalitas dan kesegarannya, gabin tape ini hanya menerima pesanan Pre-Order yang akan di antarkan langsung ke alamat si pemesan pada hari Rabu dan Kamis. 

Gabin Tape.
1 kotak, 5 bungkus gabin tape seharga Rp 12.000.
Ongkos kirim Rp 3.000 - Rp 10.000.
WA : 0852-6565-3718.
Jl. Datuk Setia Maharaja, Pekanbaru.





August 10, 2018 / by / 4 Comments

4 comments:

Post Top Ad