Review Somethinc AHA BHA PHA Solution & So Natural Red Peel Tingle Serum

by - Februari 02, 2021



Peeling serum yang paling legend sejauh ini yang saya tahu ya, dari The Ordinary. Tapi berhubung saya belum bisa menemukan produk The Ordinary yang asli dan aman (hati- hati TO banyak palsunya, sis), maka saya coba versi lokal dulu yakni Somethinc  AHA BHA PHA Solution dan merek Korea So Natural  Red Peel Tingle Serum.


Jadi kedua produk ini adalah chemical peeling yang harusnya lebih nampol dan aman dari physical peeling yang biasa dulu saya pakai berupa St Ives scrub (duh, jaman- jaman itu, ya). Scrub memang lebih terasa dan terlihat instant, karena kalau sudah scrub kulit, maka langsung berasa halus. Tetapi sebenarnya cara ini bahaya, apalagi saya baru tahun kalau kulit saya termasuk sensitif di saat- saat tertentu.


Ini menggerus lapisan kulit saya, bahkan rasanya veins dimuka saya semakin kuat membayang (akibat pakai scrub wajah dari umur 18 tahun?). Karena itu saya beralih ke metode lain berhubung kulit saya mudah sekali gradakan, kasar dan kusam. Komedo memang akan terus ada ya, karena kulit kita juga memproduksi sebum dan bercampur kotoran, yang mana memang harus diekstraksi.


Ya, walaupun sudah pakai peeling begini, tapi saya tetap mengeluarkan komedo dengan alat khusus. Somehow peeling model begini tidak bekerja langsung sekali pakai, harus konsisten dan teratur. Namun yang namanya komedo terutama yang blackhead, terlalu stubborn untuk luruh bersama peeling, jadi mau tidak mau saya harus mengeluarkannya.



Review Somethinc AHA BHA PHA Solution




Produk dari Somethinc ini yang saya coba pertama kali. Botolnya kecil dengan isi 20 ml dan pakainya juga beberapa tetes (mengikut saran pemakaian), namun karena wajah saya lumayan lebar (?) jadi saya harus memakaia beberapa tetes lebih banyak. Kemudian dibiarkan selama 10 menit, jangan lebih, lalu bersihkan wajah dengan air suam kuku (lukewarm).


Awalnya saya pikir serum ini akan semerah dan se-tingling seperti TO (yang dari saya baca review-nya, ya). Tapi serum ini tidak semerah itu dan entah kenapa terlalu cair. Setelah dibersihkan pun, ada rasa lengket dan seperti greasy yang susah saya jelaskan dan membuat tidak nyaman. Meski menurut Somethinc, tidak perlu dibilas dengan pembersih wajah tambahan, tapi saya merasa kebas dan greasy, jadi jelas saya memakai facial wash sesudahnya.


Saya juga mengikuti cara pakainya dengan seksama, 2x seminggu, tapi sudah mau habis pun, saya tidak merasa perubahan apa- apa. Seriously. Kulit malah terasa berat, seperti ada lapisan film di atasnya. Kulit pun tidak terlihat lebih cerah atau bersih layaknya sehabis peeling, malah kelihatan agak kusam. Uhuhuhu salahnya dimana, padahal saya mengikuti petunjuk dan tidak mencampur pemakaian retinol, vitamin c, dkk.


Apa mungkin karena kadarnya yang rendah dibandingkan TO? Apa mungkin kulit saya lebih sesuai dengan kadar AHA BHA yang lebih tinggi? Kurang tahu juga, saya harus coba TO untuk cari tahu. Mungkin suatu hari nanti? Anyway, untuk Somethinc AHA BHA PHA Solution ini bukanlah solusi yang tepat untuk kebutuhan kulit saya.



Review  So Natural  Red Peel Tingle Serum 




Sama seperti ide dari TO, begitu juga mereka Korea yakni So Natural yang datang dengan peeling serum merah bentuk serum walau yang saya pakai ini adalah versi travel size-nya. Peeling serum ini juga rasanya lebih mendekati TO (?) yang lumayan kental dan merah. 


Hasil pemakaian So Natural  Red Peel Tingle Serum ini juga jauh lebih berasa efeknya ketimbang Somethinc diatas, mungkin karena konsistensinya juga beda, ya. Kulit saya pun lebih terlihat bersih dan cerah setelah pemakaian dan untungnya rasa tingling-nya tidak terlalu parah sampai ingin menggaruk wajah.



Somethinc atau So Natural?


Meski dari segi harga memang jauh lebih mahal dari Somethinc, tapi dari segi hasil, saya memang lebih memilih So Natural karena lebih worth it dan memberi hasil. Tapi kalau pembaca masih baru dalam ‘bidang peeling serum’ seperti saya, mungkin bisa mencoba Somethinc lebih dulu apalagi kalau belum yakin kondisi kulit bisa menanggung peeling dengan AHA BHA tinggi.


Tapi kalau kulit pembaca mudah gradakan, kasar sampa komedonya menonjol dan tidak rata, mungkin bisa mempertimbangkan untuk investasi ke So Natural. Namun ya, yang namanya kondisi kulit pasti naik turun, jadi kita harus selalu sedia tools yang tepat untuk mengatasinya. Seperti peeling serum adalah salah satu skincare item yang harus ada setiap saat, cuma tinggal cari yang worth buying untuk hasil dan pertimbangan harga. Saya sendiri akan tetap mencari peeling serum yang harganya kalau bisa sih, diantara Somethinc dan So Natural ini (bukan main impian, Ann Solo ini, ya?!). 


You May Also Like

9 comments

  1. Wwkwk emang harganya berapaan Sist ??

    Btw, peeling serum ini masih baru didengar kak jadi sepertinya ku harus coba Somethinc dulu deh unk awalan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Somethinc itu 115 klo ga salah, ca. Yg so natura itu 310. Hiks..syedih..tapi no glowing juga..wkwkwk

      Hapus
  2. setauku somethinc emang sepertinya lebih ringan dari TO, buat newbi mungkin lebih cocok, tapi aku sendiri blm pernah coba sih hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kali buat newbie yg mukanya licin kali ya, skip aja somethinc karena kyk bingungin ndak ngaruh apa2 kecuali dompet kejebol beli ini wkwkwk

      Hapus
  3. Scarlet aja belum nyobain:( eh udah datang aja racun baru dari ka nanda. BTW produk yang ada AHA Bha selalu bikin penasaran sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli put, beli..investasi ke kesehatan & kesyantikkan kulit syendiri ga bakalan rugi deh

      Hapus
  4. Mut belum terlalu serius menggunakan produk dengan kandungan AHA BHA,mau sih.
    Review ini bisa jadi pertimbangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mut, asli tekstur kulit jadi halus. Cuma klo komedo bumpy, ya tetap dikeluarin manual dulu

      Hapus
  5. Peeling ini lebih ke komedo aja apa gmn ya? masih blm paham sis hahahah

    BalasHapus