Friday, April 12, 2019

Serunya Riau Festival 2019 Di Kampung Baru Pekanbaru



Akhirnya kita sampai pada bulan April, bulan yang kebetulan saya tunggu- tunggu karena adanya acara Riau Festival 2019 di hari Kamis 11 April kemarin. Kali ini festival ini berada di Kampung Bandar, Pekanbaru. Kaget juga ya, saya selaku 'penghuni' Pekanbaru asli kaget juga mendengar ada kampung di kota ini.





Ternyata kampung ini adalah sebuah pemukiman didaerah Melayu lama, yaitu Pasar Bawah. Pemukiman warga ini dibina demi menambah tarikan objek wisata kota. Rumah- rumah warga serta rumah panggung Melayu lama dilestarikan apa adanya untuk menjaga keasliannya.



Tetapi selain di pugar, perkampungan ini juga dihiasi grafitti yang menarik. Bagaikan dua hal yang bergabung berpadu indah antara budaya Melayu dan seni maju. Lukisan grafitti ini menambah poin menarik bagi wisatawan yang datang untuk ber-pose disepanjang jalan pemukiman.



Selain rumah- rumah kampung yang menarik, terdapat juga rumah lama yaitu Rumah Tenun yang dibangun pada tahun 1887 yang dulunya dijadikan basis bagi perjuangan tentara perjuangan Indonesia.



Sekarang rumah ini menjadi pusat tenun songket Melayu yang dibuat dengan alat tenun kayu tradisonal. Setelah puas melihat para pengrajin songket, kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki di sepanjang kampung sembari berfoto didean grafitti menarik menuju acara stand-up comedy dan pameran fotografi mengenai keunikan kampung ini.

Sambil menunggu malam tiba, kami menuju pelabuhan di tepi sungai Siak yang juga sedang berlansung pelukisan mural lantai oleh komuitas Doodle Pekanbaru. Ditempat yang sama juga sebuah tenda panggung telah berdiri siap memulai pertunjukkan musik Jazz.



Sayangnya saat itu hujan hingga kami harus berteduh hingga hujan mereda dan pertunjukkan musik pun dimulai. Sebuah tarian kontemporer membuka malam yang dilanjutkan oleh dendangan lagu dari Maestro Jazz Eri, Bassist Bintang, Gitaris Kadek dan tentu saja penyanyi Bonita yang berusuara merdu.

Itulah secuplik keseruan kami para Blogger Pekanbaru di event Riau Festival 2019, semoga tahun berikutnya acara ini kembali terselenggara begitu juga naiknya pariwisata Pekanbaru itu sendiri.
April 12, 2019 / by / 0 Comments

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad