Monday, February 18, 2019

The Umbrella Academy - Perkenalan Anggota Keluarga Hargreeves.

Akhirnya, setelah mendengar banyak rumor dan artikel yang yakin bahwa komik satu ini akan di jadikan serial TV, The Umbrella Academy season 01 resmi muncul di Netflix dengan 10 penuh!.


Bagi saya yang belum pernah membaca komiknya secara fisik (hanya  bagian 'cebisan' yang beredar di internet), itu tidak mengurangi antusiasme karena sang pembuat komik ini; Gerard Way.

Masih jelas perasaan campur aduk ketika Gerard Way mengumumkan pengunduran dirinya dari My Chemical Romance demi mengejar mimpinya menjadi penulis buku komik. Bersama Gabriel Ba akhirnya komik ini terbit di tahun 2007 dan fans menunggu satu dekade demi bisa menyaksikannya di layar kaca.

Komik ini menceritakan sebuah keluarga superhero yang disfungsional karena ayah mareka adalah seorang figur yang dingin dan hanya mengganggap anak- ananya sebagai alat yang dibentuknya dengan didikan keras ala militer tanpa kasih sayang.

Cerita di mulai di tahun 1989 (1979 versi komik asli) ketika 43 wanita yang tiba- tiba saja hamil dalam hitungan detik kemudian melahirkan anak- anak yang di adopsi oleh Reginald Hargreeves yang hanya memilih 7 anak dengan kemampuan mutant.


Penampakkan Number 6/ Ben Hargreeves (ujung kanan) yang pasif dan pemalu setelah mengeluarkan mosnter tentakel.


Namun sebagai kepala keluarga yang dingin dan calcultaing, Reginald menyerahkan pengasuhan anak kepada Mom/Mommy/Mama, seorang roboy wanita yang dirancang khusus. Robot wanita ini mempunyai hubungan khusus dengan anak- anaknya terutama Number 2 yang menyayanginya selayaknya seorang ibu sejati.

Selain android mom, keluarga Hargreeves juga di bantu oleh Pogo seekor chimpanze yang bisa berbicara yang berlaku sebagai moderator, penasehat dan pemerhati ke 7 anak angkat Hargreeves.

Selain ceritanya yang kompleks dan hampir nyata dengan kisah keluarga yang bisa dipahami semua orang, berikut para karakter dari The Umbrella Academy:

Reginal Hargreeves mempunyai kisah masa lalu yang misteri bagi anak- anaknya, bahwa ia adalah seorang alien yang mempunyai sejarah panjang di bumi. Dikenal umum sebagai scientist, penemu, billionare, bahkan pemenang Noble. Versi asli komik ini, sang figur ayah lebih dikenal sebagai The Monocle (dari kaca mata 1 lensa yang menjadi ciri khasnya) dan hanya memanggil ketujuh anak dengan nomor bukan nama.

Berikut para anggota keluarga Hargreeves selain sang ayah Reginald Hargreeves/ The Monocle:

Number 1/ Spaceboy/ Luther Hargreeves.




Adalah anak pertama yang menjadi pemimpin keenam saudaranya yang lain. Pada suatu misi ia mengalami kecelakaan dan ayahnya mengamputasi tubuhnya kepada tubuh gorilla, suatu rahasia yang membuatnya malu. Di espisode satu Spaceboy telah berada di bulan selama 4 tahun sebelum pulang kembali demi pemakaman ayahnya.

Number 2/ The Kraken/ Diego Hargreeves.




Kalau Luther adalah tipikal superhore seperti Superman, maka Diego adalah Batman. Keahlian Diego adalah pertarungan satu lawa satu dan lemparan pisaunya yang tidak pernah meleset. Setelah memutuskan pergi dari rumah keluarga Hargreeves, Diego memutuskan untuk bekerja di dunia nyata dan melakukan patroli malam hari memberantas kejahatan kecil. Dalam adapatasi TV, Diego kecil mengalami gagap bicara dan sangat bergantung kepada ibunya, android mom secara emosional. Dari sekian banyak anak yang dibesarkan, rasa cinta Diego pada ibunya sangat terus terang hingga di beberapa scene membuat para penonton merasa iba.

Number 3/ The Rumor/ Allison Hargreeves.




Menurut versi komik, Allison adalah wanita kulit putih tetapi Allison di TV jauh lebih menarik dan tangguh. Allison mampu memanipulasi kenyataan dengan kata- kata yang keluar dari mulutnya. Kekuatan kata tersebuty di gunakan ayahnya untuk mem-brainwash adinya, Number 7/Vanya. Setelah pensiun menjadi superhero, Allison memutuskan menjadi aktris, menikah dan punya seorang putri yang ia perebutkan custody-nya. Luther adalah cinta pertama Allison dan sepertinya menjadi cinta abadi bagi pihak Luther.

Number 4/ The Seance/ Klaus Hargreeves.




Badut dan ceriwis diantara para saudarnya, Klaus mempunyai kemampuan berbicara dan melihat jiwa orang mati/hantu. Klaus juga mampu merasuki orang, terbang bahkan telekinesis (kemampuan yang belum keluar sepenuhnya dalam versi serial TV). Sedari kecil ia merasa takut juga trauma akan didikan ayahnya yang membuatnya mencari pelarian pada alkohol serta obat- obatan terlarang. Ada 2 versi berbeda dari Klaus; di komik ia diceritakan mempunya anak dari kunjungan teleportasi lompat waktunya di Vietnam, di TV justru Klaus mempunyai seorang kekasih pria di Vietnam. 

Number 5/ The Boy.




Sejauh ini, 5 adalah karakter yang belum sempat mendapatkan nama selain nomor dan julukan mengingat ia hilang dalam teleportasi masa depan (kiamat/apocalypse) di usia awal remaja. Setelah berapa dekade seorang diri di kiamat masa depan, 5 bertemu agen penjaga waktu dan bekerja pada perusaahaan itu. Tubuh 5 kembali pada tubuh remajanya begitu ia kembali ke waktu sekarang. Mempunyai personaliti yang percaya diri, congkak dan kemampuan membunuh yang efektif kalau tidak sadis dan brutal ditambah kemampuannya melompati timeline membuatnya menjadi assasin yang terkenal.

Number 6/  The Horror/ Ben Hargreeves.
Baik komik dan TV, karakter Ben telah lama meninggal ketika mareka semua masih remaja tapi tidak banyak informasi bagaimana Ben meninggal. Ben mempunyai kekuatan berupa monster bertentakel dari dimensi lain yang ada dibawah kulitnya. Hantu Ben bisa kita lihat di season 1 mengikuti saudaranya Klaus kemana saja sebagai 'penasehatnya'.

Number 7/ White Violin / Vanya Hargreeves.




Ibu biologis Vanya diceritakan di episode 1 dan Reginald membeli bayi Vanya dari ibunya yang kebingungan. Sepanjang masa kecilnya Vanya diasingkan dari saudarnya yang lain dengan alasan bahwa ia tidak mempunyai kekuatan mutant seperti yang lain. Kenyataannya adalah Vanya mempunyai kekuatan yang lebih kuat hingga membuat ayahnya takut bahwa ia tidak mampu menanggungnya. Demi menekan kekuatan Vanya, ia diharuskan mengkonsumsi pil penenang. Ada 2 versi bagaimana Vanya akhirnya menyadari kekuatannya; menurut serial TV adalah dari seorang lelaki yang menjadi trigger kemarahan Vanya (yang nantinya menjadi awal mula kiamat) dengan membongkar semua rahasia kepala keluarga Hargreeves.  

Mr. Pogo.
Kalau Batman mempunyai butler Alferd yang setia, keluarga Hargreeves mempunyai Pogo si chimpanze yang bisa berbicara dengan tata krama yang berkelas. 

Mrs. Hargravees/ Grace.
Merupakan sosok ibu yang mengasuh anak-anaknya tana lelah meskipun mareka sudah dewasa. Grace adalah android yang memang dirancang dengan format khusus bagi tiap anak dan mempunyai ikatan khusus dengan Diego. Selain mengasuh, Grace juga diciptakan untuk melindungi dan itu jugalah yang meembuatnya memegang kunci kematian Reginald Hargreeves.

Demikianlah karakter utama dari beberapa karakter asli komik yang masuk kedalam versi televisinya. Nantikan review The Umbrella Academy season 1 pada artikel berikutnya. 



February 18, 2019 / by / 2 Comments

2 comments:

  1. ngeselin sih liat si number one tu. filmnya oke :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipikal Superman, hero yg keras kepala, biasa jd ketua doi

      Delete

Post Top Ad