Review Anua Skincare - Anua Heartleaf Gentle Facial Cleanser & Anua Heartleaf 70% Mud Cream Mask

by - Desember 05, 2020




Saya melihat brand baru (paling tidak baru masuk Indonesia) Anua Skincare wara - wiri di Instagram dengan sesama teman beauty enthusiast yang me-review mereka asal Korea Selatan ini. Melihat packaging-nya yang minimalis dan tidak berisik, membuat saya juga ikutan tertarik dan bersyukur banget akhirnya bisa turut mencobanya.


Jarang- jarang saya banci packaging, tapi saat ini saya sedang mencoba disiplin untuk menjalankan progress hidup minimalis yang sungguh slow (sejak tahun 2017 padahal). Entah mengapa taste akan banyak hal berubah dengan pola hidup minimalis yang tengah saya perjuangkan ini, saya jadi lebih menyukai hal- hal yang simple, tidak terlalu banyak warna dan lebih condong pada perpaduan warna- warna monochrome. Hence, saya jadi suka packaging Anua Skincare ini. Hahay!



Mengenal Anua Skincare dari Korea Selatan





Menurut keterangan yang saya petik dari halaman situs wesb resmi Anua, mereka mengatakan bahwa merek ini :


Anua mendukung kehidupan yang menjaga dirinya sendiri dan berfokus sepenuhnya pada penjagaan diri. Sulit untuk memperbaiki kulit Anda hanya dengan mengaplikasikannya ke kulit Anda. Ini karena kulit merupakan hasil dari sejumlah faktor kompleks seperti stres, polusi udara, hormon, dan pola makan. Pikiran yang nyaman, gaya hidup teratur, dan kebiasaan makan yang tepat menciptakan kulit yang sehat. Anua mengejar kecantikan sehat yang dipimpin oleh gaya hidup seimbang. Kami percaya bahwa kulit kita bisa menjadi lebih energik dan lebih sehat ketika kita fokus sepenuhnya pada diri sendiri dan merasa nyaman dengan tubuh dan pikiran kita


Bahkan Anua juga menjanjikan :


Relaxing atau relaksasi

Produk Anua yang lembut di kulit akan memberikan relaksasi pada kulit yang lelah akibat stres dan iritasi. Namun, mengaplikasikan kosmetik dengan baik tidak memungkinkan kulit untuk beristirahat sepenuhnya. Tujuan Anua adalah agar kita menjalani hidup yang seimbang dengan sedikit waktu luang dalam hidup kita yang lelah.


Ingredients yang fokus tertarget

Anua berfokus pada bahan-bahan karena kami menciptakan produk yang dapat memaksimalkan efektivitas bahan dengan menghilangkan hal-hal yang tidak perlu dan menemukan bahan yang baik atau tepat guna.


Kesederhanaan atau simplicity

Kami terobsesi dengan kesederhanaan. Kemegahan dan kerumitan menyembunyikan esensi. Kita berniat untuk memimpin dalam menciptakan dan menghadirkan gaya hidup sederhana dengan menciptakan formula kecantikan sederhana yang menciptakan kulit sehat.


Kemitraan Berkelanjutan (Sustainable Partnership)

Anua selalu berpikir tentang sustainability  karena  kami memiliki hubungan jangka panjang dengan mitra baik yang menangani bahan dan bahan organik, dan kita terus menerus diingatkan akan tanggung jawab lingkungan kita.


Wow! Sebuah klaim yang berani, indeed. Mungkin itulah juga yang membuat Anua memakai tagline KEEP THINGS SIMPLE di semua packaging produk mereka. Memang sesuai sih, semua serba simple, praktis, efisien namun tepat sasaran/guna pada targetnya yakni untuk merawat kulit.


Berhubung saya mendapatkan 4 produk dari Anua, maka saya akan membagikan review saya menjadi 2 part, inilah part 1 yang akan membahas review Anua Heartleaf Gentle Facial Cleanser & Anua Heartleaf 70% Mud Cream Mask.



Review Anua Heartleaf Gentle Facial Cleanser






Pembaca (setia?) blog ini pasti tahu saya adalah bucin sejati pembersih wajah alias facial cleanser. Apalagi begitu melihat facial cleanser dari Anua nan aesthetic ini membuat saya penasaran ingin langsung mencoba dan berbagi reviewnya :


  • Mempunyai wangi herbal yang segar dan minty
  • Tidak terlalu berbusa padat yang banyak
  • Teksturnya yang sama dengan rata- rata face wash tipe creamy
  • Untungnya tidak menimbulkan breakout atau kulit kering ketarik
  • Tidak meninggalkan residu film diatas permukaan kulit
  • Sayangnya tidak mendatangkan banyak perubahan signifikan (biasanya sih, standard face wash lainnya) asal tidak menimbulkan efek apa- apa dan membersihkan wajah saja, saya sudah senang
  • Isinya padat sekali, saya suka! Jadi ogah rugi! 






Meski water tidak berada pada urutan pertama, melainkan star ingredients-nya, secara mengejutkan kulit saya tidak protes. Inilah daftar ingredients lengkapnya :

Houttuynia Cordata Extract (30%), Inactive Ingredients: Sodium Cocoyl Isethionate, Glycerin, Water, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, 1,2-Hexanediol, Coco-Betaine, Potassium Cocoyl Glycinate, Butylene Glycol, Potassium Benzoate, Sodium Chloride, Polyquaternium-67, Potassium Cocoate, Citric Acid, Citrus Aurantifolia (Lime) Oil, Betula Platyphylla Japonica Juice, Disodium EDTA, Saponaria Officinalis Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Agrimonia Eupatoria Extract, Kigelia Africana Fruit Extract, Sodium Acetate, Perilla Frutescens Leaf Extract, Citrus Grandis (Grapefruit) Peel Oil




Review Anua Heartleaf 70% Mud Cream Mask






Setelah trends sheet mask melanda sejak 2019 lalu, sejauh yang saya ingat tipe masker siap jadi seperti pasta ini menjadi agak terpinggirkan. Meski Anua ternyata memang mengeluarkan sheet mask, tetapi mereka juga mengunggulkan mud mask ini. Lalu kalau bicara ingin minim limbah, tentu saja saya lebih memilih masker tipe mud ini, karena tidak ada lembar kertas yang harus dikorbankan tiap kali sehabis dipakai.


Disini saya bisa berbagi pengalaman mengenai pemakaian mud mask ini :


  • Suka warna packaging-nya yang hijau muddy (hence the name?)
  • Berbeda dengan warna tabungnya, isi masker malah berwarna putih keruh
  • Teksturnya mengingatkan saya pada mud mask merek lain
  • Mempunyai wangi segar minty walau masih tetap terasa wangi alkohol untungnya tidak overwhelming
  • Mudah diaplikasikan dan dibersihkan
  • Tidak membuat kulit meranggas, kering ketarik dan ya, begitu saja
  • Mungkin tidak ada hal yang spesial sejauh ini selain kulit agak terasa plumpy dan segar





Adapun daftar ingredients Anua Heartleaf 70% Mud Cream Mask :

Houttuynia Cordata Extract(70%), Kaolin, Propanediol, Isononyl Isononanoate, 1,2-Hexanediol, Dipropylene Glycol, Cetearyl Alcohol, Arachidyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Bentonite, Behenyl Alcohol, Titanium Dioxide, Arachidyl Glucoside, Potassium Phosphate, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Glyceryl Stearate SE, Cetyl Alcohol, Ethylhexylglycerin, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Disodium EDTA, Allantoin, Panthenol, Water, Glucose, Salvia Officinalis (Sage) Oil, Butylene Glycol, Asiaticoside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, Centella Asiatica Extract



Packaging Anua Skincare





Anua mengusung clean beauty dengan menapilkannya juga secara visual di semua packaging produk mereka. Meski saya rasa menambahkan kotak adalah tindakan tidak perlu karena toh, produk juga telah diberi segel di setiap lubang botol/tube. Tapi, harus saya beri pujian disini, Anua sepertinya telah mengetahui target perusahaan mereka.


Banyak merek Korea lainnya tidak siap untuk pasar internasional dan kurang memperhatikan betapa pentingnya untuk menggunakan bahasa Inggris untuk dicantumkan pada kemasan produk. Karena ya tidak semua kita mengerti Hangul, maka dari itu pihak brand hendaknya menggunakan bahasa awam yang mudah dimengerti oleh pelanggan international mereka.





Kudos Anua! Brand ini memang seperti yang mareka klaim diatas, selain juga menjaga dan tahu betul memakai bahan  dalam produk, juga memahami betapa gilanya dunia akan semua brand kecantikan dari Korea Selatan saat ini. Anua tidak hanya berhasil mem-branding image mereka sebagai skincare yang aesthetic lagi bersih, begitu juga cara mereka memasarkannya.


Untuk mengetahui lebih banyak mengenai merek ini (saya juga belum tahu apakah Anua sudah resmi masuk ke Indonesia), kamu bisa mengunjungi laman situs resmi Anua Skincare di http://anua.kr/




You May Also Like

2 comments