Tuesday, January 8, 2019

6 Produk Rambut Untuk Mengatasi Ketombe dan Rontok



Permasalahan rambut saya masih sama dari tahun ke tahun; rontok hingga menggumpal, gatal, ketombe yang gugur bagai salju, lepek, akar yang berminyak serta tentu saja kering dan bercabang di ujungnya.

Berbagai macam produk khusus rambut yang telah saya coba baik mempunyai hasil akhir bagus maupun yang hanya bersifat sementara hingga produk yang membuat saya jera memakainya. Sebuah produk yang memang dikhususkan untuk setiap permasalahan rambut telah membuat saya trauma mengingat betapa hancur dan malangnya keadaan rambut saya saat masih menggunakanya. Ketimbang mengatasi masalah justru rangkain shampoo dan conditioner-nya mempunyai efek kebalikan; menyerap semua minyak alami rambut, menambah ketombe yang membuat rambut kering, keras bagai ijuk.



Ada kalanya saya berpikir apakah saya menderita penyakit tertentu karena jumlah rambut rontok yang jatuh melebihi jumlah normal rambut rontok harian yaitu 100 lembar, serta tidak jarang rambut yang gugur seakan menggumpal.

Faktor cuaca dan hormon adalah 2 faktor yang turut berpengaruh, belum lagi kelembapan disebalik hijab yang saya kenakan. Lalu setelah trial dan error, disertai rekomendasi orang- orang disekitar, berikut ini adalah produk 'bongkar pasang' yang saya gunakan menurut kebutuhan rambut saat ini (yang sering sekali berubah):


TRESemme Scalp Care Shampoo

Pada awalnya saya sedikit ragu untuk menggunakan merek yang terkenal dengan tagline iklan 'shampoo dengan hasil perawatan di salon'. Tetapi untunglah shampoo ini tidak menambah parah keadaan rambut yang telah buruk. Rambut yang rontok tidak banyak berkurang namun kulit kepala terasa bersih (seakan ketombe hilang) dan ringan.


Dove Hair Growth Ritual Shampoo

Tahun lalu Dove mengeluarkan varian baru shampoo dan setelah menimbang dengan matang saya memutuskan mencoba shampoo ini dengan harapan ia akan mampu menumbuhkan rambut baru pengganti rambut yang rontok. Sejauh ini saya hanya mendapatkan efek rambut lembut halus saja.


Serasoft Complete Hair Therapy Dandruff Treatment Shampoo

Ini adalah shampoo merek terbaru yang muncul di 2018 kemarin dan lumayan bagus bersaing dengan merek shampoo lainnya di pasaran. Lagi- lagi saya tidak melihat banyak perbedaan dalam mengurangi ketombe dan rontok tapi sejauh ini Serasoft tidaklah membuat rambut saya keras dan kering.


Rejoice Anti Dandruff 3-in-1 Conditioner

Dari sekian banyak merek conditoner yang menyertai shampoo mareka masing- masing, bagi saya Rejoice adalah pilihan yang cukup bagus dan terjangkau. Conditoner ini telah terbukti mampu membuat rambut lembut selama 3 hari, mudah dibilas dan menyediakan banyak varian. Kali ini saya mencoba varian yang mengandung mentol yang lumayan membuat akar rambut adem.


Botanina 11 Hair & Body Oil

Sejujurnya saya tidak banyak mengenal produk lokal indipendent hingga seorang teman mengenalkan saya dengan Botanina yang dibuat dari banyak bahan alami serta cara pengolahan yang tidak massal seperti di pabrik umumnya. Selain untuk rambut produk ini juga mempunyai fungsi yang merangkap sebagai body oil. Seperti namanya yang oil, teksturnya lumayan kental dan berdasarkan percobaan yang saya lakukan, minyam rambut ini sebaiknya di usapkan ketika rambut masih setengah kering.


Lucido - L Hair Make Supplement, Triple Beauty Vitamin Spray for Damaged Hair

Jauh sebelum saya menggunakan vitamin spray ini, saya menggunakan hair oil yang dikemas dalam plastik bulat kecil yang tidak praktis dan lebih mahal. Maka dari itu saya mencoba Lucido-L ini yang lebih mudah, murah dan cepat kering tanpa meninggalkan kesan greasy, berminyak dan lengket.


Semua rangkaian yang saya gunakan memang tidak berada dalam 1 merek berhubung saya lebih memilih menggunakan produk sesuai target yang ingin saya capai. Kalau kamu juga menggunakan produk rambut yang berbeda, ayo berbagi cerita dan hasilnya di kolom komentar dibawah, ya.


January 08, 2019 / by / 4 Comments

4 comments:

  1. Aku ni belum nemu yg cocok buat ketombe, tp aku suka shampoo tresme bkin rambut lembutt even udh waktunya keramas lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, tresemme enaknya bikin rambut lembut

      Delete
  2. Waah lengkap! Aku sekarang pakai shampoo Sariayu yang untuk hijab, itu lumayan deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk lengkap karena cukup putus asa..ahaha
      Waks. Penasaran pengen coba sariayu

      Delete

Post Top Ad